Boleh Gak Berhubungan Seks dengan Pasangan dalam Masa Pandemi Corona?

Terkini.id, Jakarta – Boleh gak berhubungan seks dengan pasangan dalam masa pandemi corona?

Amanat pemerintah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat guna meminimalisir penularan virus corona atau Covid-19, hingga saat ini masih dipatuhi masyarakat.

Salah satunya adalah menjaga jarak aman, yang juga bagian dari salah satu poin prokes 5M. Seperti diketahui, selain menjaga jarak aman poin-poin esensial lainnya adalah termasuk memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Baca Juga: Duh, Pertentangan Terhadap Vaksin Covid-19 di Amerika Serikat Semakin Keras

Selain itu, tentu juga ditunjang dengan solusi hidup sehat dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Sejatinya, masyarakat juga sudah mulai sadar, paling tidak untuk mengurangi interaksi langsung dengan banyak orang. Hal itu lebih populer disebut physical distancing atau social distancing. Memang, mempraktikkan jarak sosial, terutama di tempat-tempat keramaian adalah sebuah kemutlakan.

Baca Juga: Wali Kota Makassar Aktifkan Kembali Program Home Care Dottorota

Kendati demikian, nyaris tidak mungkin mempraktikan physical distancing terhadap pasangan, baik suami maupun istri. Namun, apakah ada risiko berhubungan intim saat wabah virus corona yang sudah masuk dalam kategori pandemi global tersebut?

Seperti dilansir The Guardian belum lama ini, belum ada bukti berhubungan badan dapat menjadi cara penularan Covid-19. Dengan catatan, tentu saja orang yang negatif virus corona.

“Kami tidak melihat pola yang menunjukkan penularan seksual. Ini umumnya menyebar lewat semburan cairan tenggorokan dan menyentuh permukaan yang terkontaminasi yang dianggap sebagai mode transmisi sekunder,” terang salah seorang dokter dari Universitas Columbia, Dr Jessica Justman.

Baca Juga: Waduh, Virus Corona Ini Diklaim Lebih Berbahaya dari Varian Delta...

Senada Jessica, Dr Carlos Rodriguez-Diaz juga mengatakan, meskipun hubungan seks vagina dan anal belum tentu dapat menularkan Covid-19, tetapi berciuman yang sangat umum terjadi saat berhubungan seks, dapat menularkan virus corona jenis baru tersebut.

“Karena itu, virus corona dipastikan dapat ditularkan melalui ciuman,” tegas Carlos.

Jadi, bolehkan berhubungan seks saat wabah seperti saat ini? Jawabannya adalah jika Anda atau pasanganan terinfeksi Covid-19, disarankan untuk berjauhan satu sama lain dan menjalani isolasi mandiri (isoman). Penting diingat, ini termasuk tidak melakukan seks.

Tetapi jika Anda yakin tidak memiliki gejala dan tidak terinfeksi, dan tinggal di rumah dalam waktu yang cukup lama bersama pasangan dan melakukan isolasi mandiri bersama, seks boleh dilakukan.

“Bila tinggal dengan pasangan, dan tidak menunjukkan gejala apapun atau tidak ada kemungkinan terpapar virus corona, seks sebenarnya bisa jadi cara yang menyenangkan bagi pasangan suami-istri,” ungkap pakar epidemiologis dari Harvard Medical School, Dr Julia Marcus.

Julia menambahkan, di tengah rasa cemas dan berpotensi menimbulkan stres seperti saat ini, bercinta bersama pasangan adalah hal yang menyenangkan.

“Jadi, bagi yang tidak terpapar virus akut tersebut, seks dengan pasangan diperbolehkan,” imbuhnya.

Bagikan