BPP Barebbo Resmikan Sekretariat Kostratani, Direktur Polbangtan Gowa Kampanyekan Pemanfaatan Pekarangan

BPP Barebbo Sebagai BPP Model Kostratani

Mengutip pernyataan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo “hadirnya program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) bertujuan membangun ekosistem pertanian lewat digital”. Hal inilah yang mendasari penunjukan BPP Barebbo sebagai BPP Model Kostratani Kecamatan Barebbo setelah mendapat kunjungan dari direktur Polbangtan Gowa, Dr. Ir. Syaifuddin, MP.

Ini merupakan program Kementan dengan pendekatan yang baru dan lebih modern. Kostratani dibuat untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam menggerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi menyampaikan apresiasi karena semua program yang diberikan dari dinas pertanian sudah dilaksanakan oleh penyuluh.

“Pengungkit produktivitas tertinggi kuncinya ada di SDM salah satunya penyuluh dan sejarah telah membuktikan itu. Disaat penyuluh digembleng dengan pelatihan-pelatihan dan langsung mendampingi petani terbukti mendongkrak produktivitas pertanian,” kata Dedi

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bone menekankan pentingnya petugas pertanian memahami kegiatan Kostratani yang merupakan Gerakan pembangunan pertanian yang dimulai dengan mengoptimalkan peran sekertariat Kostratani yang telah dibangun, salah satunya di kecamatan Barebbo ini.  

Menarik untuk Anda:

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan peresmian sekertariat kostratani hari Senin tanggal 3 Agustus 2020. Selain Kadis Pertanian Bone, hadir pula Direktur Polbangtan Gowa, Kepala Bidang Tanaman Pangan, Kepala Bidang Perkebunan, dan kepala BPP se Kabupaten Bone.
“Kostratani akan menjadikan BPP sebagai pusat pembangunan pertanian, pusat data dan informasi pertanian, pusat pembelajaran pertanian serta pusat konsultasi dan agribisnis” lanjut Kadin didepan para undangan.

Selanjutnya, masih menurut Kadin, Kostratani juga merupakan program untuk membentuk single data yang akan berguna bagi seluruh pemangku kepentingan dalam menentukan kebijakan di bidang pertanian. “Pendek kata, Kostratani merupakan program pembangunan pertanian berbasis teknologi informasi dalam rangka meningkatkan produktifitas, pendapatan dan kesejahteraan petani”. 

Dalam kegiatan peresmian tersebut, Direktur Polbangtan Gowa Dr. Ir. Syaifuddin juga mengkampanyekan pemanfaatan Pekarangan dan Konsumsi Olahan Pangan Lokal kepada masyarakat.

Syaifuddin mengatakan bahwa pemanfaatan lahan pekarangan adalah langkah strategi yang tepat untuk memenuhi ketersediaan pangan menuju kemandirian pangan sampai ketingkat rumah tangga, yang pada akhirnya nanti akan menuju swasembada pangan.
Pemanfaatan pekarangan dapat mengoptimalkan fungsi pekarangan rumah, sebagai sumber pangan keluarga dan mendorong konsumsi pangan rumah tangga ke arah pola konsumsi beragam, bergizi, seimbang dan aman.

“Langkah strategi ini harus kita lakukan dengan baik dan sungguh-sungguh mengingat kebutuhan pangan kita semakin lama semakin meningkat dan sulit didapat,” kata Syaifuddin.

Sebagai penutup, Kepala Dinas Pertanian Bone juga menyampaikan harapan dari kegiatan ini akan mengembangkan kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan social, dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari menuju keluarga dan masyarakat sejahtera.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Temui Kaperpusnas RI, Muhammad Syarif Harap Perpustakaan UIM Percontohan Nasional

Akhiri Rapat Persiapan Perkuliahan, Direktur Polbangtan Gowa Berpesan Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar