Masuk

BSMI Latih Calon Relawan BSMR Tingkat SMP-IT

Komentar

Terkini.id, Makassar – Menjadi relawan kini mulai menarik perhatian anak sekolahan. BSMI menanggapi hal ini dengan terus membentuk Bulan Sabit Merah Remaja (BSMR) di tiap-tiap sekolah.

Seperti di sekolah Al-Fityan School Gowa. BSMI Makassar diminta mengisi kegiatan rekrutmen dan pelatihan calon anggota BSMR tingkat SMP-IT.

“Jadi kami dihubungi oleh guru dari Al-Fityan untuk diaktifkan kembali BSMR di sekolah mereka. Menurut gurunya ekskul BSMR ini sangat bermanfaat untuk nanti kedepannya. Untuk nanti mengajarkan anak-anak tentang pertolongan pertama, serta melatih kepekaan sosial dan jiwa relawannya,” papar Irma Safitri selaku penanggung jawab BSMR sekota Makassar, Rabu 31 Agustus 2022.

Baca Juga: BSMI Terjunkan Relawan ke Lokasi Banjir Bandang Parigi

Di sekolah ini BSMR bahkan dijadikan salah satu pelajaran ekstrakulikuler yang bisa menjadi pilihan bagi siswa(i) di Al-Fityan School Gowa.

“Peserta kegiatan itu sekitar 62 orang dari siswa(i) SMP kelas 1-3 yang memilih ekskul tersebut. Untuk tingkat SMA-nya sendiri sudah lama terbentuk,” ujar Irma.

Irma yang juga berprofesi sebagai dokter ini menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan tersebut dimulai dengan pemaparan materi dan dilanjutkan dengan praktik langsung bersama calon anggota BSMR.

Baca Juga: Relawan BSMI Ikuti Pelatihan Pokja PKP Yayasan LemINA

“Jadi kami menyampaikan materi tentang ke-BSMR-an, menjelaskan apa itu BSMR, ruang lingkupnya, kegiatan-kegiatannya, dan lain-lain. Kemudian ada juga materi sejarah lambang bulan sabit merah dan sejarah BSMI,” tuturnya.

“Selanjutnya penjelasan mengenai pertolongan pertama. Jadi setelah 3 materi ini, kemudian kami lanjutkan dengan praktiknya,” tambahnya.

Irma mengaku para siswa sangat antusias dan bersemangat saat kegiatan berlangsung.

“Nah, pas praktiknya itu siswanya sangat antusias. Terutama saat praktik pertolongan pertama pada luka, juga saat menolong korban pingsan dengan cara dievakuasi menggunakan tandu. Itu mereka sangat bersemangat,” terangnya.

Baca Juga: Usung Tema Tolak Narkoba, BSMI Cabang Bone Gelar Dialog Peringatan HANI

Irma menuturkan bahwa nantinya akan ada jadwal ekskul BSMR untuk lanjutan materi-materi.

“Kalau bukan sepekan sekali, itu bisa 2 kali dalam sebulan. Pematerinya atau guru ekskul itu dari relawan BSMI Kota Makassar,” tutupnya.

Citizen Reporter : Musfirah