Masuk

Relawan BSMI Ikuti Pelatihan Pokja PKP Yayasan LemINA

Komentar

Terkini.id, Makassar – Relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menghadiri undangan pelatihan Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Pokja PKP) yang diadakan oleh Yayasan Lembaga Mitra Ibu dan Anak (LemINA) yang bekerja sama dengan United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) pada Senin-Kamis, 18-21 Juli 2022.

Pelatihan Pokja PKP yang membahas mengenai Air Minum Penyehatan Lingkungan (AMPL) ini berlangsung secara daring di ruang Zoom Meeting dan secara luring di Hotel Horizon Makassar.

“Kegiatan onlinenya tanggal 13-14 Juli 2022. Jadi onlinenya itu ada 2 bacth. Kami di batch kedua. Bersama dengan kabupaten-kabupaten yang pernah kena bencana. Seperti Luwu, Luwu Utara, Jeneponto, dan Gowa,” terang Erni Yusnita selaku utusan dari BSMI Sulsel.

Baca Juga: BSMI Latih Calon Relawan BSMR Tingkat SMP-IT

Erni menyebutkan bahwa terdapat perwakilan tiap dinas terkait serta 3 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang hadir pada saat batch kedua tersebut.

“Jadi ada 3 NGO, Jadi masing-masing NGO mengirimkan dua relawan. Lalu Lembaga dan organisasi lain yang diundang itu ada dinas terkait. Jadi ada Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, serta BNPB,” terang Relawan yang aktif di program trauma healing ini.

“Terus ada juga Bapak Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim), Bapak Dr. M. Iqbal Suhaeb,” tambahnya.

Baca Juga: BSMI Terjunkan Relawan ke Lokasi Banjir Bandang Parigi

Erni menginformasikan bahwa pemateri yang mengisi pelatihan berasal dari Lembaga RedR, UNICEF dan dari Yayasan LemINA sendiri.

“Memang selama ini ketika terjadi bencana, kami ikut dalam program penyediaan air bersih, pembuatan toilet umum, pembagian hygien kit, sosialisasi dengan pengungsi dan lainnya yang berhubungan dengan Water sanitasion higiene (WaSH),” tutupnya.

Citizen Reporter : Musfirah Rahman