Masuk

Buah- buahan yang Bisa Menjadi Solusi Menghilangkan Sariawan

Komentar

Terkini.id, Makassar – Sariawan merupakan luka atau peradangan yang terjadi di bibir atau di mulut. Hal ini dapat sembuh dengan sendirinya 1-2 Minggu namun jika dibiarkan seperti itu maka dapat menganggu penderitanya pada saat makan, minum maupun berbicara.

Oleh sebab itu selain minum obat ada bebarapa buah-buahan yang bagus di konsumsi untuk menghilangkan sariawan yaitu sebagai berikut :

1. Belimbing 

Buah belimbing merupakan salah satu buah yang dapat mencegah sariawan menurut buku Terapi Jus Buah & Sayur yang ditulis dr. Titi Sekarindah, MS. Sp GK dan Hartin Rozaline. Belimbing kaya akan potasium, zat besi, karotenoid, dan vitamin C.

2. Jambu Biji

Baca Juga: Penting! Berikut Jenis Buah yang Harus dihindari Oleh Penderita Diabetes

Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji sangat tinggi. Dalam 100 g jambu biji mengandung 273 mg vitamin C sehingga baik dikonsumsi oleh penderita sariawan atau stomatitis. Selain itu, jambu biji juga mengandung zat besi, seng, dan potassium yang cukup tinggi.

3. Mangga

Kandungan mineral dalam mangga cukup tinggi, terdiri atas potasium, magnesium, kalsium dan selenium. Begitu pun vitaminnya, dalam buah mangga terdapat vitamin B1, B2, Vitamin C, hingga asam folat. Kandungan dalam manga ini ampuh untuk menyembuhkan sariawan.

4. Pepaya

Makan pepaya bisa membuat sariawan sembuh tanpa rasa perih. Manfaat lain dari pepaya juga bisa melancarkan saluran pencernaan. Tekstur papaya cukup lembut sehingga bisa dikonsumsi langsung jika kamu sedang sariawan.

5. Tomat

Baca Juga: Sejumlah Sekolah di Makassar Berharap Ada Program Pemkot Makassar Soal Peningkatan Imun

Selain dimakan langsung atau dibuat jus, anda juga bisa menempelkan tomat di sariawanmu untuk membantu meredakannya. Tomat mengandung vitamin A dan C yang dapat mencegah sariawan. 

Penulis: Nur Fitri Syam