Makassar Terkini
Masuk

CCTV Mati di 3 Kasus yang Libatkan Ferdy Sambo, Rizal Ramli: Apa Iye Kebetulan?

Terkini.id, Jakarta – Ekonom senior Rizal Ramli mempertanyakan rekaman CCTV yang mati saat terjadi pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J di rumah dinas eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Tidak sedikit warganet yang mempertanyakan, kenapa rekaman CCTV sering rusak atau tidak berfungsi.

Menurut Rizal, CCTV mati saat terjadi kejahatan bukan kali ini saja. Sejumlah kasus yang pernah ditangani Polri juga mengalami hal serupa.

Pertama, Kebakaran di Kantor Kejaksaan Agung RI (Kejagung), keterangan Polisi mengatakan banyak CCTV yang rusak akibat kebakaran tersebut. Kedua, Kejadian di KM 50. Kabarnya CCTV offline sehari sebelum kejadian. Teranyar, CCTV di rumah Ferdy Sambo mati disambar petir.

Rizal Ramli menganggap tiga peristiwa yang berbeda waktu itu dengan kendala sama, yakni CCTV mati bukanlah hal yang kebetulan.

“CCTV CCTV mati atau offline ketika kejahatan terjadi. Apa iye kebetulan??” ujarnya dikutip dari akun Twitternya, Kamis, 11 Agustus 2022.

Sebelumnya Polri menyebut CCTV di rumah dinas Ferdy Sambo mati saat kejadian yang menyebabkan tewasnya Brigadir J.

Namun, belakangan diketahui bahwa CCTV tersebut diambil dan dirusak oleh Ferdy Sambo agar menghilangkan jejak tewasnya Brigadir J.

Meski tidak merekam proses pembunuhan ini, tetapi CCTV bisa menjelaskan detik-detik Brigadir J masih hidup hingga meninggal terekam jelas di beberapa titik CCTV yang ada.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari pihak Ferdy Sambo atas tudingan dirinya merusak atau menghilangkan CCTV.