(Cek Fakta) Kotak Suara KPU Makassar Tidak Disimpan di Kantor Kecamatan

kotak suara makassar
Sebuah video berdurasi 27 detik tular di grup WhatsApp. Dalam video terlihat seorang pria memakai peci mendokumentasikan tumpukan kotak suara

Terkini.id, Makassar – Sebuah video berdurasi 27 detik tular di grup WhatsApp. Dalam video terlihat seorang pria memakai peci mendokumentasikan tumpukan kotak suara.

Pria tersebut menjelaskan, dirinya berada di sebuat tempat dan menemukan kotak suara dari TPS disimpan dalam gedung. Bukan di Kantor Kecamatan.

“Tidak diketahui apa wewenangnya,” kata pria dalam video.

Pria tersebut juga menunjukkan kotak suara yang sudah tidak tersegel dan tidak tergembok.

“Sangat memungkinkan tempat-tempat seperti ini masih sangat banyak di Kota Makassar. Kecurangan ini harus dilawan pak,” ujarnya.

cek fakta
Gambar kotak suara dalam video Ustadz Ikhwan Jalil

Hasil Cek Fakta

Hasil pengecekan fakta Makassar Terkini, menemukan informasi, pria yang mengenakan peci disebut oleh akun Youtube Ahsan Bone bernama Ustadz Ikhwan Jalil. Nama lengkapnya Muhammad Ikhwan Abdul Jalil.

Akun Ahsan Bone juga mengunggah ulang video tersebut ke Youtube. Lewat penelusuran Google, Makasar Terkini berhasil menemukan informasi tambahan. Ustadz Ikhwan adalah salah satu orang penting di organisasi Wahdah Islamiyah.

“Iya benar itu saya. Videonya tadi pagi kami ambil,” kata Ustadz Ikhwan kepada Makassar Terkini, Kamis 18 April 2019.

Ustadz Ikhwan mengatakan, lokasi penemuan kotak suara yang berantakan dan tidak tersegel seperti dalam dalam video berada di Jalan Andi Pangerang Pettarani 3.

“Gedung Jawa,” sebut Ustadz Ikhwan.

Gedung Jawa yang dimaksud adalah Gedung Yayasan Kekeluargaan Masyarakat Jawa (YKMJ).

gedung jawa
Gedung Yayasan Kekeluargaan Masyarakat Jawa (YKMJ) di Jalan AP Pettarani III, Kota Makassar / Foto : Ustadz Ikhwan Jalil

Saat melakukan pengecekan ke lokasi, Ustadz Ikhwan mengaku sebagai Ketua Komando Ulama Pemenangan Prabowo Sandi (Koppasandi) Sulawesi Selatan. Tidak mewakil Wahdah Islamiyah.

“Tadi pagi sama Bapak Idris Manggabari dari BPN,” ungkap Ustadz Ikhwan.

Dia mengatakan, di lokasi memang ada polisi. Tapi tidak terlihat ada petugas PPS atau PPK. Menurut Ustadz Ikhwan, aturannya semua kotak suara harus disimpan di Kantor Kecamatan.

“Tidak hanya di Pettarani, kami juga menemukan kondisi serupa (kotak suara) di Gedung Sekolah Luar Biasa (SLB) di Parangtambung,” ungkapnya.

Ikhwan mengaku hanya mendokumentasikan fakta di lapangan. Untuk proses hukumnya akan ditindaklanjuti oleh Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

“Kami cuma bantu ungkap fakta, BPN yang akan laporkan,” kata Ikhwan.

Penjelasan KPU Makassar

KPU Makassar
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar Farid Wajdi

Ketua KPU Kota Makassar Farid Wajdi mengatakan, masih mencari tahu lokasi penyimpanan kotak suara dalam video yang beredar.

Dia menjelaskan, karena volume logistik pemilu yang besar, maka sebagian besar kantor Sekretariat PPK tidak bisa lagi menampung di setiap kecamatan.

Untuk itu, agar tetap bisa menampung logistik di tingkat PPK,  baik untuk kepentingan pengepakan atau rekapitulasi, maka sebagian besar PPK diperbolehkan menggunakan gedung atau gudang penyimpanan logistik di luar Sekretariat PPK.

Penunjukan penyimpanan tidak asal-asalan. Tapi dengan berita acara. Gudang penyimpanan pada video tersebut, kata Farid, sepertinya adalah penyimpanan logistik Kecamatan Tamalate.

“Kami masih koordinasi dimana lokasi video itu,” ungkap Farid.

Anggota KPU Makassar Gunawan Mashar menambahkan, sejak kemarin sampai hari ini masih banyak dinamika yang terjadi di lapangan.

“Semua akan kami perbaiki,” katanya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Makassar

KPU Sijunjung Study Banding di KPU Makassar

Terkini.id -- KPU Kota Makassar menerima kunjungan dari KPU Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, pada hari Kamis, 21 November 2019.Setelah sehari sebelumnya menerima kunjungan serupa