Masuk

Corona Mengamuk di Eropa, Washinton DC Malah Menerbitkan Aturan Tidak Wajib Masker di Dalam Ruangan

Komentar

Terkini.id – Ibu kota Amerika Serikat (AS), Washington DC telah mencabut aturan memakai masker dalam ruangan. Aturan ini baru ini akan mulai berlaku pekan depan.

Meski begitu, aturan memakai masker masih wajib dipakai di lokasi-lokasi tertentu, seperti di dalam transportasi umum dan sekolah. Demikian seperti dilansir AFP yang dikutip dari detikcom, Rabu, 17 November 2021.

“Mulai Senin, 22 November, (Washington) DC akan mencabut aturan wajib masker dalam ruangan yang saat ini berlaku,” ucap Wali Kota Washington DC, Muriel Bowser, dalam pernyataan via Twitter mengutip detikcom, Rabu, 17 November 2021.

Baca Juga: Beijing Melihat Rekor Kasus COVID-19 Saat Wabah China Meningkat

Pemberlakuan aturan baru pencabutan wajib masker ini dilakukan saat beban kasus Corona di kota tersebut mulai berkurang.

Aturan baru ini tidak sejalan kasus Corona yang menerjang Eropa beberapa hari terakhir.

Mengutip Reuters dari CNN Indonesia, Rabu, 17 November 2021, saat ini Eropa menyumbang lebih dari setengah infeksi rata-rata 7 hari secara global dan sekitar setengah dari angka kematian. Ini menjadi tingkat tertinggi sejak April tahun lalu ketika virus berada pada puncak awal di Italia

Baca Juga: Pemicu dari ‘Tobat’ Massal Pekerja S*ks dan Bintang P*rn* di Eropa

Namun, Muriel menegaskan bahwa masker masih wajib dipakai di dalam kendaraan ride-share, perpustakaan, panti jompo, penjara, dan sejumlah kantor pemerintah setempat.

Otoritas kota Washington DC memberlakukan aturan wajib masker sejak akhir Juli lalu, baik yang sudah divaksin maupun yang belum divaksin, di tengah lonjakan kasus Corona terkait menyebar luasnya varian Delta yang mudah menular.

Otoritas kota ini juga memberlakukan langkah-langkah lebih ketat untuk membatasi penyebaran Corona jika dibandingkan dengan wilayah AS lainnya.

Panduan Corona terbaru ini tampaknya bertentangan dengan standar yang ditetapkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Baca Juga: 63.178.098 Penerima Vaksinasi COVID-19 Dosis Penguat di Indonesia

CDC diketahui masih menganggap Washington DC sebagai area ‘substansial’ untuk penularan komunitas Corona dan mengimbau semua orang untuk tetap memakai masker di ‘tempat umum dan indoor’.