Danny Pomanto Sebut F8 Terlaksana Karena Dukungan Penuh Kementerian Pariwisata

F8
Pelaksanaan F8 Makassar 2019

Terkini.id, Makassar – Kendati mengalami pelbagai rintangan dan ketidakpastian, akhirnya penyelenggaraan Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 2019 resmi terselenggarakan.

Inisiator F8, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan, terlaksananya F8 2019 kali ini lantaran mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata RI.

“Terima kasih kepada semua yang telah membantu, khususnya Kementerian Pariwisata yang betul-betul memberikan dukungan penuh F8 2019,” kata Danny saat memulai sambutannya, Jumat, 11 Oktober 2019.

Menurut Danny, F8 kali ini menampilkan yang terbaik dari sebelumnya lantaran terlaksana di tempat yang belum pernah sama sekali dikunjungi oleh masyarakat.

Apalagi, kata dia, tempat kegiatan yang berlangsung di CPI tersebut mampu menyatukan dua konsep, yakni lokasi masa depan dan delapan kebanggan masyarakat (F8).

“Kalau dikasi lagi selama tiga tahun maka kita akan buat F8 jauh lebih baik dari hari ini bahkan jauh lebih meriah dari tahun depan,” ungkapnya.

Sementara, Staf Ahli CoE Kemenpar RI Tazbir mengagumi pelaksanaan F8 2019 yang berlangsung spektakuler dari tahun sebelumnya.

Dia bilang begitu banyak event yang ada di Indonesia namun ia melihat F8 memiliki view terbaik. Ia pun meminta pelaksanaan tahun depan 2020 agar lebih spektekuler lagi.

“Banyak event di Indonesia tapi F8 view terbaik. Tahun depan kalau diadakan bagusnya backdropnya dihilangkan biar tamu menghadap laut terus kapalnya dikasi lampu biar keliatan, ini tempatnya bagus dan ini sangat cocok untuk dilaksanakan tahun depan,” ujarnya.

Menurut Tazbir, ide dan konsep F8 sungguh kreatif dan mengagumkan apalagi pelaksanaannya dengan menyatukan delapan komponen kebanggaan bangsa.

“Ide-ide kreatif seperti ini jarang sekali didapatkan, saya saja baru lihat hanya di F8,” terangnya.

Lebih jauh Tazbir menyebut jika pihak Kemenpar RI telah mengurasi event F8. Dia pun menegaskan jika F8 merupakan event favorit Kemenpar.

Selain itu, yang membuat takjub dirinya adalah setelah diminta meluncurkan F8 sebagai Writer Festival. Sebab menurutnya, hal tersebut merupakan pertama kali di Indonesia Timur.

“Event inilah pertama muncul Writer Festival di Indonesia Timur, ini adalah proses kreatif yang begitu sangat luar biasa, dan itu akan kita launching besok,” ujarnya.

Olehnya, ia meminta Founder dan seluruh tim kreatif F8 untuk mempertahankan karena F8 bukan saja menjadi kebanggaan Makassar dan Sulawesi Selatan tetapi sudah menjadi kebanggaan Indonesia.

“F8 harus terus menjadi kebanggaan kita dan akan menjadi kesempatan bagi Makassar dan Sulawesi untuk memperkenalkan diri ke kancah internasional,” urainya.

Dia mengatakan Kementerian Pariwisata mesti jujur mengoreksi dalam melakukan kurasi. Bila tidak bagus, kata dia, maka harus menyebut tidak bagus.

“Kalau bagus yah harus dibilang bagus, tetapi kalau dilihat secara umum F8 adalah kreatifitas yang sangat luar biasa,” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Lewat Program Setara Digital, MDV Kembangkan Industri Kreatif di Kalangan Disabilitas

6 Startup MDV Wakili Makassar di Kompetisi Nasional Digital Valley

Hamzah Ahmad Ceritakan Pengalamannya Selama Menjabat Dirut PDAM Makassar, Dililit Utang Rp450 Miliar

Pilwali 2020, 2.297 Petugas Bawaslu Makassar Terjamin BPJamsostek

Gelar Rapat Koordinasi, Panitia HBH Ikatek Unhas Matangkan Persiapan EMU 2020

Sudah Diberlakukan 5 Tahun, Perda KTR Masih Butuh Sosialisasi, Ini Alasannya

Bawaslu Makassar Limpahkan Dugaan Pelanggaran None ke KASN

Soal Calon Pendamping, Deng Ical Tunggu Hasil Survei Bulan Januari

Ini Penyebab Calon Direksi Perumda Air Minum Kota Makassar Tidak Lulus Berkas

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar