Darurat Covid-19, SMAN 7 Makassar Laksanakan US Online. Ini Pesan Kepala Sekolah

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Drs. Anwar, MM (Kepala Sekolah SMAN 7 Makassar)

Terkini.id, Makassar-Menindaklanjuti Surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Corona Virus Disease (COVID- 19). Perihal pembatalan Ujian Nasional.

Sementara Ujian Sekolah dilaksanakan di rumah masing-masing siswa ini pada, Senin, 30 Maret hingga Kamis, 2 April 2020, secara online.

Melalui saluran WhatsApp, Kepala SMAN 7 Makassar, Drs. Anwar, MM, menjelaskan, berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor. 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat Penyebaran Covid19.

Pada poin 3 bagian B di jelaskan bahwa Ujian Sekolah dapat dilakukan dalam bentuk Portopolio Nilai Rapor dan Prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan Tes Daring, dan/atau bentuk Asesmen jarak jauh lainnya. “Maka SMAN 7 Makassar melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Online,” ucap Anwar.

Berikut petunjuk pelaksanaan Ujian Sekolah berbasis Online SMAN 7 Makassar Tahun Pelajaran 2019/2020.

Baca juga:

Informasi Umum, Pertama, ujian Sekolah ini adalah lanjutan ujian sekolah tanggal 16 Maret 2020 yang tertunda. Kedua, ujian dilaksanakan di rumah masing-masing peserta ujian. Ketiga ujian mengikuti jadwal yang terlampir pada file ini.

Petunjuk selanjutnya, ujian dapat menggunakan Android, Iphone, Laptop, PC selama memiliki koneksi internet dan browser. Kelima, Tidak perlu menggunakan Mobile Exam, cukup menggunakan browser bawaan Smartphone atau PC (Chrome, Firefox, Opera, Safari dll). Keenam, segala sumber informasi dan aduan selama ujian dipusatkan di group Telegram https://s.id/SMAN7US2020

Sedangkan informasi teknis, antara lain, Siswa wajib memiliki koneksi internet, Siswa wajib memiliki salah satu perangkat Android, Iphone, PC atau Laptop, Siswa wajib memiliki atau menginstal browser pada perangkat tersebut, Siswa wajib memiliki akun telegram dan join pada group.

Informasi teknis lainnya, siswa mempunyai akun email yang valid untuk login dan no peserta ujian sekolah yang telah dberikan sebleum pelaksanaan US (Ujian Sekolah) Berbasis Android. Link ujian mata pelajaran akan dibagikan di group telegram sesuai jadwal ujian terlampir.

“Siswa mengerjakan ujian selama masa durasi mata pelajaran sesuai jadwal. Ujian akan di-closing sesuai jadwal selesai dan siswa sudah tidak dapat mengakses dan mengirim hasil ujian pada mata pelajaran tersebut,” terang Kepala Sekolah SMAN 7 Makassar.

Ia menambahkan, siswa hanya boleh mengerjakan ujian sekali tiap mata pelajaran, jika terdapat lebih dari satu hasil ujian untuk mata pelajaran yang sama, maka diambil hasil ujian pertama. “Info lebih lanjut tetap pantau group Telegram Ujian Sekolah 2020 serta siswa semua Selamat Belajar,” jelas Anwar.

Sekedar info bahwa SMAN 7 Makassar beralamat di Jln. Perintis Kemerdekaan KM. 18 Sudiang. Alamat email sman_7makassar@yahoo.com. Kode pos 90242.

“Jadwal ujian sekolah Kelas XII khusus IPA I, tahun pelajaran 2019/2020. Untuk hari Senin, 30 Maret 2020 yang diujikan mata pelajaran pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Biologi dan Matematika Wajib,” tambahnya.

Sedangkan, Selasa, 31 Maret 2020 melingkupi, Bahasa Inggris, Prakarya dan Matematika minat. Esok harinya, 1 April 2020 ujian Ekonomi Lintas Minat, Sejarah Indonesia dan Fisika.

Imbuhnya lagi, jadwal ujian pada 2 April 2020 mata pelajaran, Seni Budaya, Pojok dan Kimia.

“Kami (SMAN 7 Makassar) menerapkan kehadiran pengawas ujian sekolah berbasis online, memanfaatkan aplilasi google form,” lanjutnya.

Sebagai Kepala Sekolah akan pelaksanaan ujian sekolah untuk pertama kalinya secara online yang dikerjakan di rumah masing-masing peserta ujian, Anwar berpesan agar tetap optimis dan antusias mengikuti ujian sekolah secara online yang dikerjakan di rumah masing-masing siswa.

“Hanya terkendala di jaringan yang terkadang down tetapi dengan pelaksanaan ujian berbasis online ini, mudah-mudahan tidak mengurangi nilai dengan ujian yang dilaksanakan di sekolah,” tutupnya.

Komentar

Rekomendasi

Berjaringan Aktifis Pergerakan BAIN HAM RI Lebarkan Sayap ke NTT Dan Maluku

Tim Operasi Gabungan KLHK Ungkap Perdagangan Ilegal Tumbuhan Dilindungi ke Taiwan

Polda Sulsel Gelar Donor Darah Sukarela Sambut HUT Bhayangkara ke-74

Polres Gowa Gelar Kasus Kawin Lari Berujung Penikaman

Polres Gowa Mamfaatkan Kandang Ayam Terabaikan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar