Destinasi Wisata Birtaria Kassi Terbengkalai, Begini Pengakuan Kadis Parawisata Jeneponto

Obyek wisata Permandian Birtaria Kassi, di Kampung Kassi, Kelurahan Tonrokassi, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto

Terkini.id,Jeneponto – Obyek wisata Permandian Birtaria Kassi, di Kampung Kassi, Kelurahan Tonrokassi, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, tak lagi menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah maupun masyarakat Jeneponto.

Destinasi wisatawan Birtaria Kassi yang merupakan obyek wisata andalan Jeneponto sejak tahun 1999 hingga 2002 itu kini terbengkalai, fasilitas yang terdapat dalam objek wisata itu seperti  lima penginapan, WC umum, tiga kolam renang dalam kawasan wisata semua tidak terurus lagi.

Uniknya, kawasan wisata itu tepat berada di bibir pantai yang berpasir putih, namun memiliki mata air tawar yang sangat jernih, kawasan wisata Birtaria Kassi itu pun dikelilingi pepohonan rindang yang memberikan suasana sangat sejuk, sepoi-sepoi angin dari pantai membuat pengunjung betah dan bahkan membuat kerinduan akan destinasi wisata itu.

Dari pantauan terkini.id, Rabu, 10 Juli 2019, siang, destinasi wisata itu sangat memprihatikan, sungguh malang wahai destinasi peninggalan mantan Bupati Jeneponto Baharuddin Baso Tika, yang tidak lagi dikunjungi wisatawan, bahkan masyarakat Jeneponto rela keluar daerah tanpa melihat wisata yang begitu populer kini terbengkalai.

Destinasi wisata yang populer beberapa tahun yang lalu, kini menjadi tempat bagaikan angker tak terjaga dan tak terawat, Lantas apa yang menjadi kendala dengan obyek wisata Birtaria Kassi yang  sangat memilukan, dimanakah memotivasi kita semua khususnya pemerintah, apakah pemerintah tidak pernah memikirkan solusi untuk mengembangkan kembali potensi wisata yang dimiliki Birtaria Kassi.

Di tempat terpisah, Kepala bidang pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Jeneponto, Ernawati mengaku destinasi Birtaria Kassi telah di kontrak selama 28 tahun.

“Kontraknya berakhir pada tahun 2026 yang akan datang. Selama ini tidak dianggarkan dana APBD karena belum sadar bahwa Parawisata itu bagus, baru kali ini orang Jeneponto mulai sadar bahwa parawisata itu ternyata ujung tombak pembangunan,” kata Ernawati kepada awak media

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jeneponto Elly Isriani yang dikonfirmasi oleh awak media mengaku tidak tahu terkait kondisi destinasi Birtaria Kassi dengan alasan baru menjabat sebagai Kadis Parawisata.

“Saya tidak tahu, karena baru beberapa hari menjabat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jeneponto,” kata Elly.

Berita Terkait
Komentar
Terkini