Pemkab Jeneponto Terima Penghargaan Ketegori ODF STBM Award 2021

Terkini.id, Jeneponto – Pemerintah Kabupaten Jeneponto menerima penghargaan kategori ODF diajang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM ) Award yang digelar oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pengumuman penerima penghargaan dilaksanakan tersebut dilaksanakan diacara peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia.

Dalam acara yang berlangsung secara daring itu, Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Kesehatan Lingkungan memberikan penghargaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) kepada beberapa daerah salah satunya Kabupaten Jeneponto.

Baca Juga: Bupati Jeneponto Serahkan Ranperda APBD 2022, Belanja Daerah Turun Rp80...

Kegiatan itu diikuti Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar didampingi Kadis Kesehatan, Kadis PUPR, Kepala Badan Bappeda dan Kadis Lingkungan Hidup di ruang Kala’birang, rumah jabatan Bupati Jeneponto.

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas keberhasilan suatu daerah dalam mengubah perilaku hidup bersih dan sehat serta kemampuan dalam melahirkan inovasi-inovasi baru berbasis 5 pilar STBM.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Kareloe, Menelan Anggaran 1,27 Triliun

“Stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan Air minum/makanan, pengelolaan sampah dan pengelolaan limbah cair merupakan pilar STBM, penghargaan ini berkelanjutan mewajibkan daerah mencapai 100% stop buang air besar sembarangan serta membuat inovasi kesehatan yang sifatnya memberdayakan dan bermanfaat kepada masyarakat,” kata Iksan.

Bupati Jeneponto dua periode itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk mendapatkan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).
  
“Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tim penilai dan panitia Kementerian Kesehatan atas komitmennya dalam upaya monitoring/evaluasi percepatan daerah ODF 100% dan implementasi 5 pilar STBM,” ucap Iksan.

Iksan Iskandar menyerukan ajakan bagi seluruh komponen pemangku kepentingan dan masyarakat untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan membudayakan STBM demi mencegah stunting dan penyakit menular berbasis lingkungan termasuk Covid-19.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Kareloe, Menelan Anggaran 1,27 Triliun

“Kami berharap penghargaan ini dapat menjadi memacu 113 desa/kelurahan untuk terus berinovasi dalam berbagai bentuk, untuk mewujudkan ketersediaan air bersih dan sanitasi layak bagi seluruh masyarakat, terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam mewujudkan lingkungan masyarakat bersih dan sehat,” harap Iksan.

Kepala Dinas Kesehatan Jeneponto, Syusanty Mansyur mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam membantu mendorong akses sanitasi yang layak dalam kerangka menuju masyarakat yang sehat dan aman.

“Terima kasih kepada semua stakeholder yang telah mendukung upaya perbaikan akses sanitasi ini sehingga melalui kolaborasi program yang berkelanjutan dan pemberian reward bagi desa/kelurahan yang sudah mencapai kategori ODF,” terang Syusanty.

Bagikan