Di Maros, Polbangtan Gowa Serahkan Bantuan YESS ke Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S)

Bantuan YESS untuk P4S Maros
Bantuan YESS untuk P4S Maros

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus mendorong regenerasi di kalangan petani melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS).

Program YESS merupakan proyek percontohan pengembangan generasi muda dan regenerasi petani di pedesaan melalui penyediaan fasilitasi dan bimbingan kepada generasi muda untuk menjadi wirausahawan atau tenaga kerja yang profesional di sektor pertanian.

Penumbuhan wirausaha milenial  menjadi salah satu  program andalan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam rangka regenerasi petani.

Wirausaha sangat penting dalam pembangunan pertanian. Makanya, kita harus mengedukasi generasi milenial bahwa berusaha di sektor pertanian sangat menguntungkan,” tutur Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Prof. Dedi Nursyamsi menambahkan sejak masuknya era Revolusi Industri 4.0, Kementan melakukan terobosan dalam meningkatkan produksi pertanian di berbagai komoditas melalui peningkatan minat generasi muda.
 
Dedi berharap melalui program YESS bisa melahirkan regenerasi pertanian yang handal dengan peningkatan kompetensi sumberdaya manusia dari perdesaan, juga meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian.  Sehingga sektor pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, untuk menekan pengangguran.

Menarik untuk Anda:

Untuk melatih generasi milenial agar memiliki kemampuan sehingga akan menghasilkan pendapatan yang sangat menguntungkan, YESS pun bersinergi dengan P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya).

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa melalui Program YESS memberikan bantuan berupa fasilitas sarana dan prasarana pembelajaran. Penyerahan ini dilakukan oleh Ramli, Sp.,MP selaku LO Kabupaten Maros dan diterima oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bapak Ir. H. Muhammad Alfian Amri., M.Si didampingi Kepala Bidang Penyuluhan Ir. Maaluma, M.Si yang bertempat di Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros. Rabu (11/11). 

Penyerahan barang ini diberikan kepada P4S NijaIling dan P4S Assamay. Bantuan Barang yang diserahkan berupa kkomputer, soundsistem satu set, meja, kursi kantor, kursi plastik, lcd, kipas angin, white board,  genset, roda tiga kaisar, camera.

Muhammad Alfian mengatakan, sangat bersyukur Kabupaten Maros mendapat bantuan sarana pembelajaran nutuk digunakan sebagai pendukung program YESS. Kami akan memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang telah diberikan Kementan melalui Polbangtan Gowa. Semoga dengan bantuan ini, bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pengelola P4S dalam proses pembelajaran yang cepat dan efisien serta nantinya akan lebih berkembang karena ditunjang peralatan yang modern. (MUZ)

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, BEM Unsa Makassar Gelar Bazar Penggalangan Dana Mubes

Komitmen Cegah Korupsi dan Tingkatkan Transparansi Kementerian Pertanian

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar