Dianggap Tak Masuk Akal, Fobia Takut Terhadap Wanita Cantik Ternyata Ada di Dunia

Takut
Fobia takut terhadap wanita cantik ternyata benar-benar ada di dunia. (Foto: Tempo)

Terkini.id – Ada berbagai macam fobia aneh dialami oleh manusia, dimana para penderita fobia ini akan merasakan takut yang amat sangat ketika melihat sesuatu hal yang ditakutinya.

Salah satu fobia yang dianggap aneh dan tak masuk akal yaitu caligynephobia, fobia ketakutan dengan wanita cantik.

Dalam istilah medis kedokteran juga dikenal sebagai venustraphobia atau venustaphobia yang terkait dengan Gynophobia, perasaan horor takut wanita.

Ini bukanlah lelucon apalagi hoax, karena fobia tersebut memang benar-benar ada dan tak jarang di dunia ini kaum pria yang menderita fobia caligynephobia. Tak hanya dialami oleh laki-laki, fobia ini juga kabarnya menyerang perempuan.

Dilansir dari laman Quora, gejala Caligynephobia dapat bervariasi pada setiap orang, tergantung pada tingkat ketakutannya, karakteristik individu, dan status mental. Secara keseluruhan, fobia ini memiliki gelaja yang harus diwaspadai.

Pasalnya, penderita fobia ini bisa mengalami kesulitan dengan lingkungan sosialnya. Seperti merasa tidak nyaman, gugup, bahkan tak mampu berbicara dengan wanita yang dirasa terlalu cantik.

Takut
Pria ketakutan. (Foto: IDN Times)

Penyebab Caligynephobia

Seperti halnya halnya dengan gejala, Caligynephobia dapat disebabkan oleh berbagai hal. Paling sering adalah trauma masa lalu.

Caligynephobia dapat muncul dari hubungan yang gagal. Ini dapat menyebabkan ketidakpercayaan pada wanita cantik, yang kemudian bisa berkembang menjadi ketakutan atau fobia terhadap mereka.

Tidak hanya itu, fobia ini juga bisa dikarenakan karena mengalami pelecahan pada masa kanak-kanak oleh wanita yang lebih tua.

Karena kebanyakan fobia adalah kondisi yang berbasis psikologis, perawatan untuk setiap orang akan bervariasi sesuai dengan kondisi jiwa atau mental mereka. Pendekatan utama untuk menentukan akar penyebab ketakutannya adalah dengan konseling.

Selain itu, dapat juga dilakukan dengan melakukan pelatihan keterampilan sosial, hipnoterapi, pemrograman Neuro-Linguistik, terapi pemaparan atau teknik meluapkan atau mencurahkan, desensitisasi dan psikoterapi kognitif-perilaku.

Meskipun Caligynephobia langka keberadaannya dan termasuk unik di antara berbagai jenis fobia lainnya, jika tidak ditangani dapat membuat pria sangat tertekan dan merasa tidak nyaman.

Berita Terkait