Ini Daftar 20 Bahan Makanan yang Cocok Bantu Jalankan Dietmu

Buah-buahan dan sayur yang banyak mengandung vitamin C dan A membantu menjaga kesehatan tubuh dan sangat baik untuk diet

Terkini.id, – Ingin memiliki tubuh ideal tetapi sering bingung memilih bahan makanan apa saja yang cocok untuk diet. Bagi sebagian orang menjalankan diet sering terasa menyiksa diri karena harus menahan keinginannya untuk memakan suatu makanan.

Berdiet sambil menjaga pola makan tetap sehat itu baik, asal jangan terlalu memaksa untuk menurunkan berat badan secepat mungkin.
Mengubah pola makan secara ekstrim dan mendadak untuk menurunkan berat badan bisa berisiko pada kesehatan tubuh. Lakukan diet secara bertahap tanpa menyiksa diri.

Menjaga pola makan sehat mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur dan buah yang sangat aman untuk mengurangi berat badan.

Berikut beberapa bahan makanan yang bisa membantu mengurangi berat badan berlebih jika dikonsumsi secara rutin, selain mengenyangkan, makanan tersebut juga membantu tubuh tetap sehat.

1. Buah Pepaya

Pepaya
Pepaya. (foto: lemonilo.com)

Buah papaya mengandung serat yang tinggi dan memiliki manfaat untuk pencernaan tubuh. Pepaya juga termasuk buah yang murah dan cukup mengenyangkan bagi perut sehingga tidak gampang lapar.

2. Buah Apel

Apel hijau

Buah apel mampu meredam rasa lapar sehingga jika dikonsumsi bisa mengurangi porsi makan untuk menu yang lain. Apel juga kaya akan vitamin dan serat sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

3. Kacang Merah
Kacang merah sangat enak dibuat sup. Mengonsumsi kacang merah tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Bahan makanan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menjalankan program diet.

4. Kentang

Makanan
Kentang. (foto: akurat.com)

Kentang sangat enak dibuat camilan dan bisa menjadi bahan pengganti nasi. Mengonsumsinya sebaiknya tidak digoreng bisa dijadikan bahan campuran untuk menu dietmu. Kentang bisa direbus, dipanggang dan dibakar. Selain rendah kalori juga bahan makanan ini mengenyangkan tubuh.

5. Yogurt

Kandungan gula dalam yogurt rendah, selain itu mengandung vitamin dan serat yang cukup tinggi. Bahan ini diproduksi dari susu tetapi berbeda dengan susu karena rendah lemak sehingga sangat cocok dijadikan menu untuk diet.

6. Salad Sayur

yoghurt
Yoghurt

Salad sayur. Sumber : alinea.id

Salad sayur kaya akan kandungna gizi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan. Sayur yang dibuat salad seperti tomat dan sayuran hijau yang rendah kalori. Cocok dijadikan menu diet untuk mewujudkan badan ideal. Rasanya enak dengan tambahan saos mayo.

7. Buah Alpukat

Alpukat

Buah alpokat mengandung banyak serat dan lemak sehat, selain itu jika dikonsumsi akan mengenyangkan. Sangat baik untuk dijadikan salah satu bahan menu diet. Sebaiknya jangan mencampur dengan gula ketika mengonsumsinya.

8. Ikan Tuna

Tuna. (foto/dfrcollection.com)

Ikan Tuna tidak mengandung banyak lemak sehingga masuk kategori makanan sehat. Ikan ini juga kaya akan protein dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin melangsingkan tubuh.

9. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang sangat aman dikonsumsi saat diet. Kandungan protein yang tinggi dan mengandung lemak yang sehat serta rendah kalori. Telur juga sangat menngenyangkan jika dikonsumsi, sehingga tidak mudah merasa lapar.

10. Aneka buah-buahan

Aneka Buah

Kandungan serat dalam buah-buahan mencegah pelepasan gula terlalu cepat dalam darah, selain itu buah juga mengandung banyak vitamin. Mengonsumsi berbagai macam buah-buahan saat diet akan membuat cepat kenyang.

11. Aneka Sayuran

Sayur-sayuran berwarna hijau kerap kali disuguhkan dengan maksud agar badan sehat, sekalipun ada saja orang yang enggan ketika disuruh memakannya. Kendati demikian, dilihat saja sayuran hijau bisa berdampak positif pada kesehatan seseorang. / Ist

Semua jenis sayuran sangat baik dikonsumsi pada saat menjalankan diet. Kandungan serat dan vitamin di dalamnya sangat diperlukan tubuh. Selain itu sayur juga rendah kalori. Sifatnya yang mengenyangkan juga bisa membantu tubuh tidak mudah lapar.

12. Dada Ayam
Daging ayam yang sangat baik untuk dikonsumsi saat diet adalah dada ayam. Selain bebas dari kulit juga dada ayam sangat baik untuk kesehatan tubuh.

13. Aneka Kacang-kacangan

Makanan dari kacang-kacangan. Sumber : media.muskuli.com

Kacang mengandung protein tinggi, serat dan lemak sehat yang seimbang sehingga bisa dijadikan bahan cemilan untuk program diet. Meskipun mengandung kalori yang tinggi tetapi jika mengonsumsi dalam batas wajar sangan baik untuk kesehatan tubuh.

14. Gandum

roti gandum

Bahan makanan dari gandum sangat baik untuk dikonsumsi ketika sedang menjalankan diet. Seperti roti tawar gandum, oat. Kandungan serat dan protein dalam gandum cukup tinggi. Sifatnya juga mengenyangkan sehingga tidak mudah merasa lapar.

15. Tahu

Tahu adalah produk kedelai yang paling populer di dunia dan mudah diolah, tetapi tempe ternyata memiliki jumlah protein dan serat yang lebih tinggi. / Ist

Tahu sangat baik untuk dikonsumsi saat diet karena rendah kalori namun tinggi protein dan serat. Mengonsumsinya tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk.

16. Ubi
Ubi bisa dijadikan bahan pengganti nasi selama menjalankan diet. Mengolahnya menjadi makanan yang enak atau sekedar hanya direbus, dipanggang atau dibakar akan sangat mengenyangkan tubuh.

17. Jamur

Kudapan dari Jamur Tiram / Debra Ayudhistira

Jamur kaya akan serat, menjadikannya sebagai bahan makanan saat diet juga baik, tidak akan membuatmu menjadi gemuk.

18. Cabai

Cabai

Cabai juga termasuk salah satu bahan makanan yang bisa dikonsumsi saat diae. Sifatnya yang sangat cepat dalam membakar lemak serta bisa mengurangi rasa lapar. Namun jangan mengonsumsinya dalam jumlah banyak karena bisa mengganggu proses pencernaan dalam perut.

19. Kaldu ayam
Kaldu ayam tidak mengandung banyak kalori, kamu akan tetap merasa kenyang dalam waktu lama jika mengonsumsinya. Pastikan kaldu ayam tersebut bebas MSG dan pengawet. Anda bisa mengonsumsinya dicampur dengan bahan sayuran segar sehingga lebih sehat.

20. Beras merah
Mengganti beras putih sebagai bahan untuk nasi dengan beras merah sangat baik selama menjalankan program diet. Beras merah memiliki kalori yang lebih rendah dari beras putih. Fungsinya nasi putih, Anda akan merasa tetap kenyang saat menjalankan program diet. Mengonsumsi beras merah sebaiknya tidak berlebihan karena efek sampingnya juga ada jika mengonsumsi berlebihan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini