Diprotes Netizen, Ini Dampak dari Naik Turunnya Harga Tiket Pesawat

tiket pesawat
Ilustrasi tiket pesawat

Terkini.id – Tak bisa dipungkiri bahwa pesawat merupakan moda transportasi yang bisa mengantar ke tujuan yang jaraknya jauh, baik domestik maupun internasional.

Isu kenaikan tiket ini tentu sangat terasa memberatkan, terutama bagi para pecinta traveling low budget dan mereka yang sering keluar kota lewat jalur udara.

Sejak natal, harga tersebut melonjak dua kali lipat dan tak kunjung turun meski musim liburan telah berakhir.

Hal ini jelas membuat banyak yang mempertanyakan mengapa sangat mahal, hingga kemudian beredar sebuah petisi yang meminta untuk menurunkan harga tiket pesawat.

tiket pesawat
Ilustrasi tiket pesawat

Dampak pada sektor pariwisata

Dilansir dari boombastis, Senin, 14 Januari 2019, naik-turun harga tiket pesawat ini tak hanya dirasakan oleh penumpang saja, tetapi juga berdampak pada beberapa sektor perekonomian yang lain.

Setelah mengetahui bahwa tiket domestik melonjak parah, di samping protes netizen juga memutar otak untuk menyiasati hal ini.

Salah satunya adalah yang dilakukan oleh penumpang dari Aceh. Mereka yang terbang dengan tujuan Jakarta dengan melakukan transit di Malaysia, kemudian baru menuju ibu kota.

Dengan begini, uang yang dikeluarkan bisa hemat hingga satu juta rupiah.

Di sisi lain, kenaikan tiket ini juga berimbas pada sektor pariwisata yang ada di Indonesia. Salah satu yang mengeluh adalah Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi.

Selama ini, Padang dikenal sebagai salah satu destinasi yang banyak diminati oleh para pelancong dan wisatawan. Namun, kenaikan tiket pesawat ternyata menurunkan jumlah wisatawan yang datang ke Padang.

Tak hanya padang sebenarnya, beberapa kota yang terkenal memiliki destinasi favorit juga mengalami hal serupa.

tiket pesawat
Ilustrasi pesawat

Bisa mematikan pelaku bisnis oleh-oleh dan UMKM

Lebih lanjut, selain mengurangi jumlah wisatawan yang datang ke suatu tempat, tiket pesawat murah juga membuat kerugian di sejumlah bisnis, pelaku bisnis ticketing misalnya.

Untuk bepergian dengan pesawat terbang orang akan berpikir dua kali karena harganya yang mahal.

Hal ini dialami sendiri oleh beberapa orang yang memilih memakai bus saja, walaupun memakan waktu yang cukup lama.

Selain itu, para wisatawan yang datang juga tidak membeli oleh-oleh atau cendera mata. Mereka akan memikirkan lagi-lagi, mengingat bagasi juga berbayar, yang boleh jadi lebih mahal daripada oleh-oleh yang dibeli.

Hal ini jelas bisa mematikan UMKM yang ada di suatu kota wisata tersebut bukan?

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Politik

Hasil Konferda, KSB PDIP Sulsel Dipertahankan

Terkini.id -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Sulawesi Selatan baru saja menyelesaikan Konferensi Daerah (Konferda) di Hotel Claro Makassar,