Masuk

Tiket Pesawat Naik, Luhut Pandjaitan: Bukan Hanya Kita, Dunia Juga Gitu

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Luhut Pandjaitan selaku Menko Marves memberikan pendapatnya soal polemik kenaikan harga avtur serta harga tiket pesawat terbang.

Diketahui bahwa Pertamina mengatakan harga avtur di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada bulan Juni 2022 mencapai Rp16.555,88 per liter.

Harga ini melonjak tajam dari Januari 2022 yang sebesar Rp10.654,98 per liter. Akibat melonjaknya harga avtur ini, harga tiket pesawat turut mengalami kenaikan.

Baca Juga: Luhut Sarankan KPK Jangan OTT Terus, Susi Pudjiastuti Pasang Emoticon Kasihan

Melihat hal tersebut, Luhut Pandjaitan menyebut bahwa kenaikan harga tiket pesawat di tanah air juga terjadi di negara lain.

“Memang bukan hanya kita, tapi dunia juga gitu (butuh solusi). Kemarin rapat dengan Menteri Keuangan AS di Bali, itu (mencari solusi) jadi salah satu pembicaraan,” ujar Luhut Pandjaitan, dikutip dari cnnindonesia.com, Sabtu 16 Juli 2022.

Lebih lanjut lagi, Luhut Pandjaitan menyebutkan bahwa Amerika Serikat juga mulai merasa khawatir soal kenaikan harga avtur ini.

Baca Juga: Luhut Pandjaitan Tak Minat jadi Cawapres Anies Baswedan

Apalagi harga minyak mentah dunia diramal akan meningkat hingga US$200 per barel. Dampak dari naiknya harga minyak mentah ini adalah akan membuat inflasi semakin tinggi.

Kalau Amerika Serikat tingkat inflasinya kembali meninggi maka Indonesia akan terkena dampaknya. Oleh karena itu, Luhut Pandjaitan berujar bahwa pemerintah sangat waspada terkait hal ini.

“Jadi pemerintah sangat hati-hati mencermati ini, kita bertahap bertingkat dan berlanjut. Harga avtur sangat berpengaruh terhadap industri pesawat, Pak Menhub juga hati-hati,” papar Luhut Pandjaitan.

Walaupun harga tiket pesawat menjadi mahal, Luhut Pandjaitan yakin dunia pariwisata Indonesia akan tetap ramai.

Baca Juga: Reaksi Jokowi Ketika Lihat Luhut Pandjaitan Pakai Jas Kuning

Luhut Pandjaitan menyebutkan bahwa tingkat wisatawan yang berkunjung ke Bali terus meningkat meskipun harga tiket pesawat mahal.

“Sekarang ke Bali itu penuh banget. Saya aja dapat tiket economy class, penuh pak. Tapi ya bagus, tapi nggak bagus juga,” pungkas Luhut Pandjaitan.