Masuk

Disebut Tebar Pesona Sejak Awal, Pengamat: Sandiaga Uno Paket Komplit di Pemilu 2024

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan bahwa Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) merupakan paket komplit calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Adi pada diskusi yang berjudul Dampak Elektoral Prestasi Menteri Pada Pilpres 2024 yang dilaksanakan di D’Hotel, Jakarta Selatan, pada Minggu 12 desember 2021.

Menurutnya, paket komplit yang dimaksud adalah Sandiaga Uno memiliki beberapa keunggulan dibandingkan capres lainnya.

Baca Juga: 29 Bakal Calon Anggota DPD RI BMS, KPU Sulsel Beri Kesempatan Perbaikan

“Saya sebut Sandiaga ini paket komplit all in gitu ya, karena dilihat dari berbagai karakteristik pemilih Sandiaga memiliki semuanya. Salah satunya karakteristik Sandiaga itu dekat dengan umat Islam, sesuatu yang tidak bisa didapat oleh Erick Thohir, Sri Mulyani, ataupun Risma,” kata Adi Prayitno.

Sleanjutnya ia juga menjelaskan bahwa nama Sandiaga selalu muncul dalam berbagai survei capres. Hal tersebut dikarenakan banyaknya prestasi yang diraih oleh Sandiaga serta kinerjanya yang baik dan konsisten.

“Misalnya survei Mas Burhan kemarin di Indikator Politik memasukkan nama Sandiaga sebagai capres yang elektabilitasnya sudah masuk lima besar. Sandiaga dibandingkan dengan menteri lainnya cukup diperhitungkan dan dianggap layak, serta potensial di 2024,” jelasnya, dilansir dari Liputan6.

Baca Juga: Soal Pemilu 2024, Puan Maharani: Capres Itu Sudah Ada di Garis Tangan

Kemudian, Peneliti Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wasisto Raharjo Jati mengatakan, saat ini banyak menteri yang berpeluang menjadi capres maupun cawapres di 2024. Di antaranya menteri-menteri yang langsung bersentuhan dengan sektor publik, terutama di masa pandemic covid 19.

“Hanya saja mereka mereka belum menunjukkan keinginan lebih apakah mau bermanuver untuk menjadi devinitif ke depan. Tapi ada beberapa nama seperti Menparekraf Sandiaga Uno, Menkeu Sri Mulyani, ataupun Mensos Risma,” ujar Wasisto.

Namun, dia menjelaskan, Sandiaga berbeda dengan menteri lainnya. Hal tersebut karena Sandiaga sudah berinvestasi sejak awal dan melakukan tebar pesona dalam hal kebaikan atau positif.

“Tentunya positif bagi para pelaku UMKM dan sektor informal. Karena sektor UMKM dan informal terbesar di Indonesia hampir 60 persen masyarakat ada di sana,” tutupnya.