Disnaker Kota Makassar Lepas 30 Peserta BLK ke Semarang

Terkini.id, Makassar – Kepala Dinas Ketanagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Muhammad Mario Said mengatakan pihaknya telah melakukan pelepasan terhadap 30 peserta pelatihan ke Balai Latihan Kerja (BLK) Semarang.

Ia menyebut peserta tersebut akan berangkat besok, Rabu 19 Juni 2019.

“Yah, memang kita lakukan kerja sama di beberapa BLK di seluruh Indonesia, kita juga biasa kirim ke BLK Medan, BLK Bekasi, BLK Serang. Ini juga ada kesempatan kita diberi kuota dari BLK Semarang yang rencananya besok di berangkatkan,” ujarnya saat ditemui di Balai Kota Makassar, Selasa, 18 Juni 2019.

Jurusan yang akan mereka pelajari, yakni Bahasa Ingris, Customer Service, Sekertaris, dan Pemasaran. Sebelumnya, kata Mario, banyak yang mendaftar, namun kuota terbatas maka yang terselesi hanya 30 orang.

Mungkin Anda menyukai ini:

“30 orang ini habis dilakukan seleksi, jumlah keseluruhan kemarin yang ikut seleksi saya tidak tahu persis yang jelas terseleksi itu 30 orang karena kita juga kan memang dibatasi kuota dari BLK yang ada. Ada pembatasan,” terangnya.

Baca Juga: Darurat PHK di Tengah Krisis, Disnaker Makassar Sosialisasi Kartu Pra...

Setelah selesai melakukan pelatihan selama dua bulan, 30 orang ini akan diinfokan ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jurusan-jurusan tersebut.

Peserta pelatihan akan mendapatkan dua sertifikat

Peserta BLK ke Semarang foto bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja Makassar Mario Said

Kendati demikin, Mario menuturkan perusahaan juga punya proses dalam perekrutan anggota. Namun, ia berharap mereka ini dipertimbangkan karena mereka sudah memiliki keahlian di bidangnya masing-masing.

“Kita ada yang namanya forum HRD nanti kita informasikan share. Jadi kalau ada yang membutuhkan sekertaris atau apa mereka sudah punya data,” tuturnya.

Baca Juga: Disnaker Makassar Minta Pekerja yang di PHK Gegara Corona Melapor

Adapun usia minimal untuk ikut dalam pelatihan ini yakni 17 tahun sampai dengan 30 tahun, yang nantinya akan mendapatkan dua sertifikat yakni dari BLK sendiri dan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Bagikan