Dompet Dhuafa Sulsel Bagikan Makanan Berbuka Puasa untuk Pengungsi di Majene

Terkini.id, Majene – Bulan Ramadhan adalah bulan kebahagiaan bagi kita, karena Allah SWT memberikan berbagai limpahan kebaikan dan keutamaan di bulan suci ini, di antaranya terijabahnya doa, berlipat gandanya pahala, hingga hadirnya ibadah yang paling utama dan istimewa di bulan Ramadhan, yakni ibadah puasa. 

Tidak hanya amalan berpuasa yang mendapatkan pahala yang berlipat, namun memberi makan orang yang berpuasa pun mendapatkan kedudukan yang istimewa.

Namun di masa pandemi ini, kesulitan ekonomi masih menjadi musuh besar bagi banyak orang. Banyak orang yang kurang beruntung dengan keadaan saat ini dan membutuhkan pertolongan. Akan tetapi hal itu tidak menyurutkan terus berbagi kebaikan di bulan Ramadan. 

Baca Juga: FKIK UIN Alauddin Makassar Gandeng Dompet Dhuafa Sulsel, Gelar Program...

Berkenaan dengan hal tersebut, Kitabisacom bersama Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (DD Sulsel) melakukan gerakan kebaikan melalui paket berbagi buka puasa untuk para penyintas Gempa Majene.

Seperti diketahui, tidak hanya masa pandemi yang dirasakan warga Sulawesi Barat namun juga bencana gempa yang melanda pada Januari awal tahun lalu yang memberikan dampak kehilangan bagi mereka baik itu pekerjaan maupun tempat tinggal. 

Baca Juga: DD Sulsel dan SDIT Global Insani Bagikan Daging Kurban di...

Sembari mereka menunggu rumahnya dibangun pulih kembali, para warga penyintas gempa sangat butuh uluran tangan semua pihak. 

Dompet Dhuafa Sulsel telah hadir membantu masyarakat terdampak gempa, melakukan pendampingan kepada warga yang berada di pengungsian Majene maupun yang di Mamuju sejak 15 Januari 2021. 

Begitu pula di momen Ramadan, DD Sulsel bersama Kitabisacom kembali memberikan bantuan berupa paket buka puasa untuk masyarakat di Majene.

Baca Juga: DD Sulsel Tebar Hewan Kurban Hingga ke Wilayah Terdampak Bencana...

Kegiatan bagi paket buka puasa adalah merupakan program rutin tahunan dari Dompet Dhuafa. Ratusan paket takjil dan nasi kotak dibagikan kepada masyarakat umum dan pengguna jalan itu diharapkan bisa membantu masyarakat yang sedang kesusahan di masa pandemi Covid-19.

Namun kali ini berkat bantuan dari Kitabisacom, DD Sulsel dapat menjangkau lebih banyak lagi penerima manfaat. 

Koordinator program sosial dan kemanusiaan DD Sulsel Syarif mengatakan, bahwa kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah pada awal ramadan DD Sulsel mulai membantu warga untuk bahagia di bulan suci ramadan yaitu melalui program berbagi takji dan ifthar. Kita menyasar bagi pengguna jalan dan masyarakat umum, seperti tukang ojek, penyapu jalan, tukang gerobak, dan tak luput juga para pengungsi yang berada di lokasi bencana,” tuturnya, Kamis 6 Mei 2021.

“Kita berharap bisa membantu masyarakat dalam menyegerakan buka puasa serta membantu para penyintas yang sedang kesusahan di masa sulit pasca bencana dan juga di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini,” sambungnya.

Dia menambahkan, bahwa pada Rabu 5 Mei 2021 DD Sulsel telah membagikan sekitar 100 paket.

“Dalam Ramadan kali ini, Kitabisacom dan DD Sulsel akan menyalurkan 100 paket perhari dan targetnya 400 kotak paket buka puasa. Jadi penyaluran bantuan ini akan dibagi menjadi 4 kali  yaitu pada ramadan ke 23, 25, 27, 29 atau pada tanggal 5, 7, 9, 11 Mei 2021,” imbuhnya.

Penyaluran paket diberikan langsung kepada para pengungsi dengan bantuan para volunteer DD Sulsel yang berada di wilayah pengungsian yaitu di sekitar desa Sulai, Ulumanda dan di pengungsian desa Mekatta, Malunda. 

Selain itu, Dompet Dhuafa juga mendirikan Dapur Ramadan di Desa Sulai, Kecamatan Ulumanda, Majene yaitu menyediakan menu berbuka puasa untuk warga yang masih bertahan di tenda-tenda pengungsian.

Bagikan