Dr. Syaifuddin: agar pendidikan vokasi optimal, perhatikan 6 poin ini

Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Genap dan Persiapan Perkuliahan Semester Ganjil.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa melaksanakan Rapat Evaluasi Perkuliahan Semester Genap dan Persiapan Perkuliahan Semester Ganjil di Padi Valley, Selasa, 10/09/2019.

Dihadapan seluruh peserta yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan Polbangtan Gowa, Dr. Syaifuddin mengharapkan agar 6 point penting keberhasilan pendidikan vokasi dapat diperhatikan.

Enam point penting yang diharapkan tersebut, Pertama, kurikulum harus di-update, ilmu yang sudah tidak relevan segera diganti dengan yang lebih relevan yang sesuai dengan jamannya.

Kedua, inovasi pembelajaran termasuk pemanfaatan teknologi informasi. Kementerian Pertanian juga saat ini telah melakukan beberapa inovasi kekinian, seperti mengembangkan traktor ber-remote, memanfaatkan drone untuk memupuk, bahkan menghasilkan bahan bakar nabati yang dinamakan B100 yang disebut lebih murah 40% dan dapat menghemat devisa.

“Jadi, ini sudah tidak bisa ditunda, pemanfaatan teknologi wajib, termasuk ketika kita melaksanakan kegiatan pembelajaran, jarak bukan masalah, manfaatkan e-learning”, ujar Syaifuddin, Direktur Polbangtan Gowa.

Lanjut yang ketiga, sumberdaya manusia yang dimiliki. Peningkatan kemampuan dosen melalui pendidikan formal dan magang juga harus lebih ditingkatkan. Keempat, sarana-prasarana yang dimiliki. Laboratorium akan diupgrade dan dilakukan standarisasi seperti ISO.

Kelima, kerjasama dengan Dunia Usaha-Dunia Industri (DUDI). Mendorong memanfaatkan konsep “triple helix” dimana Pemerintah, Swasta dan Perguruan Tinggi saling bantu untuk mengembangkan pendidikan.

Terakhir, kegiatan manajemen ditingkatkan. Salah satunya dengan melakukan evaluasi seluruh kegiatan pembelajaran seperti yang kita laksanakan hari ini, pungkas Syaifuddin.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

HMJ Matematika FMIPA UNM Gelar Workshop PKM 2019

Terkini.id,Makassar - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) helat Workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)