Masuk

Effendi Simbolon Sebut Ada Skenario Laksamana TNI Yudo Margono Menjadi Calon Panglima TNI Gantikan Jenderal Andika Perkasa

Komentar

Terkini.Id, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon menyebutkan ada skenario bahwa Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bakal menjadi calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Effendi menyebutkan ada ‘Plan A’ untuk mengangkat Yudo sebagai Panglima TNI.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa segera memasuki pensiun pada Desember 2022 mendatang. Dengan demikian, TNI akan segera mendapatkan sosok Panglima baru yang memegang kendali atas tiga matra tempur, yakni Aangkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU).

Baca Juga: Panglima TNI Minta Hukuman Tegas Soal Mayor Paspampres Pemerkosa Perwira Muda Kostrad

“Kalau sebelum tanggal 4 Oktober dimasukan Surpres (surat presiden) pergantian panglima maka kemungkinan masih plan A, plan A sekarang mungkin yang laut masuk yang ini ke sana,” ujar Effendi kepada wartawan, Selasa 6 September 2022, dilansir Liputan6.com.

Menurut Effendi, Presiden Joko Widodo besar kemungkinan akan mengirimkan surat presiden nama Panglima TNI  pengganti Andika Perkasa sebelum 4 Oktober 2022 diduga nama Yudo Margono yang tercantum dan diserahkan.

Sementara itu, pada tanggal 4 Oktober 2022 adalah waktu DPR memasuki masa reses.

Baca Juga: Istri Prajurit Melapor ke Panglima TNI: Suami Saya KDRT, Selingkuh dan Telantarkan Keluarga

“Kita sampai 4 Oktober 5 Oktober kan sudah off kecuali ada hal tapi kebiasaan pak Jokowi gak ada tuh yang terlalu menggunakan masa reses lah,” sebut Effendi.

Disamping itu, apabila surpres diserahkan di bulan Desember, para kepala staf angkatan TNI saat ini masa baktinya tinggal di bawah 10 bulan sampai pensiun. Peluangnya dicalonkan menjadi panglima kecil. Menurut Effendi juga ada agenda untuk mempersiapkan tahun politik.

“Tapi kalau sudah masuk jelang di pertengahan Desember semua tidak berpeluang lagi sudah below ten months dan ada tantangan harus dipersiapkan karena tahun politk 2023,” sebut politikus PDIP ini.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ditemukan tanggapan dari Laksamana TNI Yudo Margono terkait dirinya akan menjadi calon pengganti Jenderal Andika Perkasa sebagai panglima TNI seperti yang disebutkan oleh Effendi Simbolon.