Eksplorasi Jagat Maritim di Bulukumba, Prodi Sosiologi FIS UNM Gelar Studi Lapangan

Prodi Sosiologi FIS UNM
Ekplorasi Jagat Maritim di Bulukumba, Prodi Sosiologi FIS UNM Gelar Studi Lapangan

Terkini.id, Makassar – Dalam upaya mengeksplorasi jagat maritim di Bulukumba, Prodi Sosiologi FIS UNM menggelar studi lapangan.

Kegiatan ini merupakan serangkaian perjalanan sekaligus riset mahasiswa Sosiologi pada mata kuliah Sosiologi Maritim.

Kegiatan riset berlangsung sejak Jumat hingga Minggu, 1-3 November 2019.

Riset ini akan menyasar tujuh tema pokok yang menjadi fokus fenomena kemaritiman pada masyarakat nelayan.

Tema tersebut terdiri dari Ekologi masyarakat maritim, perubahan struktur dan relasi sosial masyarakat nelayan, manajemen dan industri masyarakat nelayan, ritual masyarakat masyarakat pembuat perahu, ekowisata masyarakat pesisir, etos kerja komunitas penangkap ikan, dan kontestasi lokalitas dengan tekonologi masyarakat nelayan.

Menurut Kaprodi Sosiologi FIS UNM Idham Irwansyah, S.Sos,M.Pd bahwa hasil penelitian ini akan dilokakaryakan dengan melibatkan pakar untuk mengeksplorasi hasil temuan dilapangan.

“Penelitian ini sudah dipersiapkan berbulan-bulan dan sudah menjadi program rutin Prodi Sosiologi,” ujarnya, Sabtu, 2 November 2019.

Mahasiswa yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah angkatan 2017.

“Mereka sudah dibekali secara teori sesuai tema dan keterampilan teknis saat berada lapangan. Hal-hal yang terkait data dan informan telah diobservasi sebelumnya untuk memudahkan proses pelaksanaan,” tutur Ketua Team Work Muh. Rizky Meysa.

Kegiatan ini ditargetkan bisa memperoleh informasi penting yang bisa dijadikan rujukan dalam kajian sosiologi kemaritiman.

Bukan hanya itu, Prodi Sosiologi juga berupaya merelase hasil dalam bentuk luaran penelitian baik berupa jurnal maupun publikasi lainnya.

“Dengan kajian yang sistematis maka sangat dimungkinkan bahwa hasil penelitian melahirkan rekomendasi dalam pengembangan kawasan kemaritiman khususnya di Bulukumba dan Indonesia Timur pada umunya,” ujar Rizky.

Berita Terkait
Komentar
Terkini