Masuk

Fadel Muhammad Mempertanyakan Alasan Jokowi Pilih Salat Idul Fitri di Yogyakarta

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Fadel Muhammad selaku Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI mempertanyakan alasan Presiden Jokowi memilih Yogyakarta ketimbang Jakarta untuk melaksanakan salat Idul Fitri tahun ini.

Fadel berpendapat bahwa seharusnya Jokowi melakukan salat Idul Fitri di Jakarta yang merupakan ibu kota negara Republik Indonesia.

“Menurut saya memang bagusnya (di Istiqlal, Jakarta). Tapi sudah kejadian ya insya Allah ke depan. Karena kan ini ibu kota,” ujar Fadel dilansir dari CNN Indonesia, Senin 2 Mei 2022.

Baca Juga: Ridho Rahmadi: Dua Periode Pemerintahan Jokowi Tidak Menunjukkan Perbaikkan Pemberantasan Korupsi

Pilihan Jokowi yang memilih untuk salat idul fitri di Yogyakarta menurutnya membuat banyak kalangan kecewa akan hal tersebut. 

Dikutip dari CNN Indonesia, Senin 2 Mei 2022, disisi lain ia juga tidak menyalahkan Jokowi untuk memilih Yogyakarta sebagai tujuan berlebaran tahun ini.

Fadel juga mendapatkan berbagai macam keluhan dari masyarakat ibu kota terkait ketidakhadiran Jokowi dalam salat idul fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Baca Juga: Ibu Eliezer Minta Tolong ke Presiden: Tolong Bapak, Kami Merasa Tidak Ada Keadilan Untuk Icad

Momentum ini seharusnya dimanfaatkan Jokowi untuk salat di Jakarta karena ini merupakan pertama kalinya rakyat Indonesia bisa melakukan salat berjamaah di Masjid setelah dua tahun sebelumnya dilarang karena virus Covid-19.

“‘Kenapa presiden tidak melaksanakan Idul Fitri di ibu kota padahal ini pertama kali dibuka setelah dua tahun. Saya jawab saya juga tidak tahu,” tanya Fadel.

“Ini kan bagus momentumnya. Tapi ya kami memang tidak ada komunikasi dengan presiden. Banyak yang kecewa,” lanjutnya.

Karena tidak hadirnya Jokowi dalam salat idul fitri Jakarta, Fadel mengklaim banyak menteri jajaran kabinet orang nomor satu di Indonesia tersebut yang tidak hadir di Masjid Istiqlal.

Baca Juga: Kota Makassar Masuk 10 Besar Tingkat Gemar Membaca, Yogyakarta Tertinggi

“Karena presiden tidak ada, pak ketua MPR pergi juga. Pada pergi semua. Harusnya fokus semua di Masjid Istiqlal. Harusnya (pejabat) semua di sini,” ucapnya.

Sebagai informasi tahun ini Presiden Jokowi memilih Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta untuk melakukan salat idul fitri tahun 2022 ini.

Salat idul fitri di Istana Kepresidenan Yogyakarta ini hanya diikuti oleh perangkat kepresidenan, paspampres dan keluarga Istana Kepresidenan Yogyakarta.