Makassar Terkini
Masuk

Nilai Pemilu 2024 Tidak Akan Berjalan Mulus, Fahri Hamzah: Pemilu Mulai Agak Melenceng

Terkini.id, Jakarta – Mantan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai bahwa Pemilu 2024 tidak akan berjalan mulus karena Pemilu mulai agak melenceng.

Fahri Hamzah menuturkan bahwa ada kelompok yang disinyalir datang dari area ekonomi yang akan mengatur jalannya pemerintahan.

Fahri menuturkan bahwa Pemilu dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada rakyat untuk dapat memilih.

Selain itu Pemilu juga adalah alat untuk mengakomodasi agar seseorang juga bisa dipilih untuk mewakili rakyat. Pemilu pada tahun 1999 dan 1955 adalah contoh suksesnya.

“Bahkan pada Pemilu 1999 banyak pihak yang memberikan penilaian sebagai Pemilu terbaik dalam demokrasi. Nah sirkulasi ini yang kita mau bikin, tiba-tiba ya Pemilu 1999, 2004, 2009, 2014, 2019 dan sebentar lagi 2024 itu kok Pemilu malah mulai agak melenceng,” ujar Fahri dikutip dari Sindonews, Kamis 14 Juli 2022.

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia ini menuturkan bahwa pelaksanaan Pemilu dewasa ini disinyalir ada sebuah konsolidasi yang harus diwaspadai. Dirinya mencurigai adanya kelompok yang ingin menguasai pemerintahan.

“Ada konsolidasi lain yang agak membahayakan ada kelompok yang tumbuh yang muncul dari sektor ekonomi yang sebenarnya mengatur jalannya pemerintahan. Dan tidak mau terjadi perubahan secara natural gitu,” imbuhnya.

Disamping itu Fahri melanjutkan bahwa hal lain yang menjadi tanda jika Pemilu dewasa ini telah melenceng adalah tidak adanya partai politik yang memiliki pemikiran mendalam.

Bahkan menurutnya partai politik hanya menjadi tempat transaksi kekuasaan.

“Padahal parpol tidak saja menjadi lembaga agregrasi publik, selain pelatihan kepada publik tapi juga adalah lembaga pemikiran,” tuturnya.