Ferdinand Semprot Mustofa Soal Bipang Ambawang: Kau Hendak Tuduh Jokowi Konsumsi Babi?

Terkini.id, Jakarta – Ferdinand Hutahaean bereaksi keras terhadap pernyataan Mustofa Nahrawardaya yang meminta Presiden Joko Widodo untuk memesan Bipang Ambawang, kuliner khas Kalimantan yang sering dijadikan oleh-oleh.

“Bipang Ambawang, Cita Rasa Babi Panggang Kampung. Contohin dong Pak Jokowi untuk order,” kata Mustofa melalui akun Twitter-nya pada Sabtu, 8 Mei 2021.

Ferdinand menilai bahwa pernyataan Mustofa itu tidak tepat sebab Presiden Jokowi adalah seorang muslim.

Baca Juga: KPK Menahan Tersangka Korupsi Pengadaan Tanah di Munjul, Ferdinand: Anies...

Sementara, Bipang Ambawang adalah makanan yang terbuat dari babi paggang, yang tentunya tak boleh dimakan oleh umat Islam.

Oleh sebab itu, Ferdinand menilai bahwa Mustofa telah melakukan pelecehan kepada Jokowi.

Baca Juga: Ini Daftar Bansos yang Diberikan Jokowi ke Warga dalam PPKM...

“Bung Tofa, kau kan tau kalau Pak Jokowi adalah seorang Muslim yang tentu haram baginya mengkonsumsi makanan yang mengandung babi. Kalaupun order untuk org lain? Itu akan janggal dilakukan oleh seorang Presiden. Ataukah kau hendak menuduh Jokowi mengkonsumsi babi? Ini pelecehan!” kata Ferdinand.

Adapun pernyataan Mustofa adalah sindiran kepada Presiden Jokowi yang menyebut Bipang Ambawang sebagai salah satu kuliner yang ia rekomendasikan kepada masyarakat.

Seperti diketahui, media sosial memang ramai dengan video Jokowi yang sedang mempromosikan kuliner khas daerah, salah satunya Bipang Ambawang.

Baca Juga: Dengan Berat Hati Jokowi Perpanjang PPKM Level 4 Sampai 9...

“Untuk bapak/ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah,” kata Jokowi dalam video tersebut.

Penyebutan bipang ambawang menjadi sorotan netizen sebab video itu dianggap dibuat dalam konteks menyambut Hari Lebaran yang sebentar lagi akan dirayakan oleh umat Islam.

Oleh sebab itulah, beberapa pihak mempertanyakan mengapa Presiden Jokowi merekomendasikan oleh-oleh yang terbuat dari Babi, makanan yang terlarang bagi Umat Islam.

Bagikan