Masuk

Gaga Muhammad Menolak Disalahkan, Sebut Laura Anna Lalai Tak Pakai Sabuk Pengaman

Komentar

Terkini.id, JakartaGaga Muhammad tidak mau disalahkan penuh atas kematian Laura Anna usai mengalami lumpuh akibat kecelakaan.

Gaga Muhammad uang kini berstatus Terdakwa kasus kecelakaan lalu lintas menyampaikan bahwa mendiang Laura Anna juga melakukan kelalaian.

Pemilik nama lengkap Gaung Sabda Alam Muhammad itu membacakan pleidoi atau nota pembelaan dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Senin 10 Januari 2022.

Baca Juga: Hakim Vonis Gaga Muhammad 4,5 Tahun, Kakak Laura Anna: Terima Kasih Sudah Memberikan Keadilan

Dalam pembelaannya, Gaga Muhammad mengaku bahwa ia tidak sepenuhnya bersalah dalam kasus kecelakaan yang terjadi pada 2019 lalu.

Terutama, terkait kelumpuhan yang akhirnya dialami Laura Anna pascakecelakaan.

“Bilamana musibah kecelakaan yang menimpa saya dan Laura Anna Edelenyi, kelalaian saya sendiri, rasanya tidaklah arif dan bijaksana,” kata Gaga Muhammad.

Baca Juga: Awkarin Emosi Dengar Komentar Ibu Gaga Muhammad: Tasnya Rp 35 juta, Beli Popok Katanya Nggak Ada Duit

“Karena jelas dalam fakta-fakta persidangan bahwa di antara yang mengakibatkan cedera berat dan kelumpuhan pada korban Laura Anna Edelenyi bukan semata-mata karena kelalaian saya, melainkan ada pihak lain juga,” ujar Gaga Muhammad lagi seperti dikutip dari kompascom.

Bahkan, Gaga membeberkan bahwa mediang Laura Anna juga lalai dalam menaati peraturan lalu lintas ihwal sabuk pengaman.

“Korban saat terjadi musibah kecelakaan lalai dalam menggunakan sabuk pengamanan, sebagaimana keharusan dalam menggunakan sabuk pengaman,” kata Gaga Muhammad.

“Korban hanya menggunakan tali bagian atas, sementara yang bagian bawah di bagian perut belum dipasang. Hal itu dibukti dalam visum pada September 2020,” ujarnya lagi.

Baca Juga: Ibu Gaga Muhammad Ragu Laura Anna Lumpuh karena Kecelakaan: Kenapa Langsung Dikremasi Terus Dibuang Abunya?

Padahal, menurut Gaga Muhammad, ia sudah memperingatkan Laura Anna untuk memakai sabuk pengaman sebelum kecelakaan terjadi.

“Saya sudah mengingatkan korban untuk memakai sabuk pengaman dengan baik tapi korban tidak mendengarkan,” ucap Gaga Muhammad.

Sebelumnya dalam pleidoi tersebut, Gaga mengaku menyesal atas perbuatannya. Ia juga mengakui kesalahannya.

“Saya merasa sangat menyesali terhadap apa yang terjadi pada hidup saya dan korban Laura Edelenyi sehingga membuat banyak pihak yang tersakiti,” tutur Gaga.

“Dan harus menanggung akibat dari musibah kecelakaan ini, terutama korban Laura Edelenyi dan keluarga dan saya,” katanya lagi.

Dalam kasus ini, Gaga Muhamad dituntut 4,5 tahun penjara serta denda Rp 10 juta oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Diketahui, usai kecelakaan tersebut Laura Anna menderita Cervical Vertebrae Dislocation atau dislokasi tulang belakang leher yang menyebabkan alami kelumpuhan.