Geger Video Pasangan Gancet, Ternyata Ada Penjelasan Medis dan Ilmiahnya Loh!

Terkini.id, Jakarta – Geger video pasangan gancet, ternyata ada penjelasan medis dan ilmiahnya loh! Media sosial alias medsos kembali geger dan diramaikan kabar heboh menyusul sebuah video viral yang memperlihatkan pasangan gancet saat berhubungan intim. Loh, apa sih yang dimaksud ‘gancet’? Berikut ini penyebab gancet serta penjelasan medis dan ilmiahnya.

Istilah gancet mengacu pada kondisi ketika organ intim pria, yaitu penis tersangkut dalam vagina ketika tengah melakukan hubungan intim. Tidak heran, fenomena pasangan gancet pun ramai dibincangkan. Banyak orang kemudian mencari tahu arti gancet dan penyebabnya. 

Ternyata, istilah medis untuk kondisi tersebut adalah ‘penis captivus’. Kendati terdengar tidak masuk akal, kondisi itu mungkin terjadi.

Baca Juga: Ketahui Penyajian Sayur Brokoli, Terbukti Dapat Turunkan Gula Darah Loh!

Namun, seperti dilansir Healthline via kontan.co.id, Kamis 9 September 2021, penis captivus yaitu kondisi ketika organ intim pria tersangkut di dalam vagina ketika sedang melakukan hubungan intim sangat jarang terjadi. 

Medical News Today memaparkan, selama berhubungan intim, aliran darah akan mengalir ke penis dan terjadi ereksi sebagai persiapan untuk hubungan seksual. Pada wanita, dinding vagina akan mengendur dan vulva terlumasi untuk persiapan penetrasi.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini 8 Manfaat Telur untuk Anak-anak loh Bunda!

Dinding vagina terdiri dari jaringan otot yang akan mengembang dan berkontraksi pada waktu berbeda ketika berhubungan intim, seperti saat orgasme. Kontraksi ini bisa sangat kuat dan terkadang lebih kuat dari biasanya.

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, vagina dapat berkontraksi dengan cukup kuat sehingga pasangan sulit untuk memisahkan organ intimnya.

Melansir BBC, dokter seksual senior dari Inggris, John Dean menjelaskan, otot-otot dasar panggul wanita berkontraksi secara berirama ketika orgasme. 

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini 8 Manfaat Telur untuk Anak-anak loh Bunda!

Ketika kontraksi otot terjadi, penis yang teraliri darah semakin membesar dan penis captivus dapat terjadi.  Namun, ketika otot-otot vagina mengendur, darah mengalir keluar dari penis sehingga akhirnya bisa dikeluarkan.

Penyebab gancet juga dapat terjadi lantaran kondisi vaginismus. Dalam kondisi tersebut, secara tidak sadar vagina menutup karena kejang otot di dasar panggul. Namun, efeknya kemungkinan sangat sementara.

Jadi, jika pasangan sudah rileks untuk sementara waktu dan otot-otot tidak kaku lagi, kemungkinan organ intim bisa kembali dipisahkan. Lantaran kondisi ini sebetulnya jarang terjadi, pasangan suami-istri tidak perlu terlalu khawatir.

Kendati demikian, jika mengalami kondisi pasangan gancet, cobalah untuk tenang. Pasalnya, stres dapat memicu ketegangan otot berlebih dan membuat kondisi itu bertahan lebih lama.

Ketika mengalaminya, jangan paksa penis keluar dari vagina karena dapat melukai organ intim salah satu atau kedua belah pihak. Ambillah napas dalam-dalam agar tetap tenang dan cobalah saling mengalihkan perhatian untuk mengurangi ketegangan.

Tenang dan membiarkan otot-otot rileks bisa membantu masalah segera teratasi dan menghindari komplikasi. Selain fenomena ini jarang terjadi, penis captivus juga kemungkinan hanya berlangsung sesaat sebelum organ intim rileks.

Bagikan