Masuk

Gelar Talkshow, Komunitas Kesehatan Makassar INHESTY Ajak Peserta Cegah Diabetes

Komentar

Terkini.id, Makassar – Komunitas Kesehatan Makassar atau yang biasa disebut dengan Interprofessional Health Student Community (INHESTY) menggelar talkshow pada Minggu, 11 September 2022 yang bertempat di Gedung DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang bertemakan “Youth Lifestyle, Prevent Diabetes : Implikasi Segala Macam Penyakit” ini diikuti oleh 150 peserta yang berasal dari berbagai instansi dan komunitas yang ada di Kota Makassar.

Ketua panitia, Rahmat Adriansyah Arlan mengungkapkan bahwa tema yang diangkat kali ini berawal dari keresahan mengenai pola hidup kurang sehat yang dapat mendatangkan penyakit.

Baca Juga: Peringati Hari Kesehatan Nasional, Inhesty Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

“Alasan kami mengangkat tema tersebut berasal dari keresahan kami mengenai gaya hidup yang kurang sehat oleh para remaja saat ini. Remaja pada saat ini kurang di edukasi mengenai bahaya dari pengomsumsian gula yang berlebihan. Padahal pengomsumsian gula yang berlebihan sangat berbahaya yang dapat mengundang berbagai macam penyakit,” ungkapnya

Ia menambahkan bahwa sasaran dari kegiatan yang dilaksanakan kali ini bersifat umum.

“Sasaran dari kegiatan kami tentunya para remaja yang ada di kota Makassar, remaja ataupun mahasiswa karena kegiatan ini bersifat umum,” tambahnya.

Baca Juga: Peringati Sumpah Pemuda, Inhesty Gelar Pemeriksaan Kesehatan untuk Warga Desa Umpungeng Soppeng

Ia pun menaruh harap agar kegiatan ini dapat menjadi langkah promotif dan preventif bagi peserta yang turut hadir pada kegiatan tersebut.

“Harapan kami tentunya dengan berlangsungnya kegiatan ini dapat menjadi langkah promotif dan preventif kami untuk pencegahan mengkonsumsi gula secara berlebihan khususnya di kota Makassar. Dengan begitu, kami berharap agar mereka yang menghadiri kegiatan ini dapat merubah pola hidup mereka ke arah yang lebih sehat,” harapnya.

Sementara itu, kegiatan ini mendapat respon positif dari peserta yang turut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan kali ini.

Hal itu diungkap oleh salah satu peserta, Riska yang berasal dari Poltekkes Kemenkes Makassar. Ia menuturkan bahwa kegiatan ini memberikan banyak manfaat dan dapat menjadi ajang untuk menambah relasi.

Baca Juga: Implementasi Pengabdian Masyarakat, INHESTY Gelar Desa In-Healthy

“Saya sangat senang berkesempatan mengikuti talkshow, saya mendapatkan ilmu-ilmu bermanfaat mengenai bahaya diabetes bukan di kalangan orang yang sudah lanjut usia saja tetapi untuk remaja-remaja seperti kita sebagai seorang mahasiswa dan pentingnya mengatur pola makan, selain ilmu yang bermanfaat saya juga senang bisa mengenal teman-teman dari berbagai instansi, baik mahasiswa kesehatan maupun yang bukan,” tuturnya.

Riska juga mengharapkan kegiatan seperti talkshow ini dapat dilakukan di lain waktu dengan tema kegiatan yang berbeda.

“Saya berharap, akan di adakan lagi talkshow selanjutnya dengan tema baru atau membahas dan mengenal penyakit berbahaya lainnya,” ucapnya.

Citizen Reporter: Nurfitriani Azizah