Hadiri Rakorwil Bangkala, Dewan Pendidikan Jeneponto Tekankan Hal Ini

Dewan pendidikan jeneponto
Ketua Dewan pendidikan Kabupaten Jeneponto Hj Hamsiah Iksan

Terkini.id, Jeneponto – Lembaga pendidikan dan Pemerintah harus bermitra dengan dewan pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan sehingga dapat menciptakan tenaga pendidik dan pelajaran yang berkualitas.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan pendidikan Kabupaten Jeneponto Hj Hamsiah Iksan saat menghadiri rapat koordinasi semua Kepala sekolah dasar yang tergabung di Koordinator Wilayah Kecamatan Bangkala, di SDI Mallasoro, Sabtu 16 Maret 2019.

“Dewan pendidikan termasuk komite sekolah yang merupakan lembaga independen yang berfungsi strategis bukan operasional dalam proses pelaksanaan pendidikan. Untuk itu lembaga pendidikan, pemerintah harus bekerjasama dengan dewan pendidikan dan komite sekolah dalam pelaksanaan pendidikan termasuk pengelolaan pendidikan,” kata Hamsiah Iksan di tengah rapat koordinasi.

Menurutnya, kehadiran Dewan Pendidikan sebagai wadah aspirasi masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan program pendidikan.

“Selain itu juga untuk meningkatkan tanggung jawab dan peran aktif seluruh lapisan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan dalam menciptakan suasana dan kondisi transparan, serta demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu,” jelasnya.

Harapan Hamsiah Iksan

Hj Hamsiah Iksan yang juga Ketua TP PKK mengharapkan, melalui dewan pendidikan diharapkan peran aktif masyarakat dapat diorganisir dan disalurkan secara baik.

“Sekaitan dengan mutu pendidikan selain peran dewan pendidikan, peran komite dan orang tua siswa juga menentukan suksesnya kita dalam mencerdaskan anak bangsa,” ujarnya.

Lanjut Hamsiah, sinergitas antara komite sekolah, kepala sekolah, guru atau pendidik sangat dibutuhkan sehingga harmonisasi di lingkup sekolah terbangun dengan baik.

“Pemerintah daerah melalui dinas pendidikan harus menjalin sinergitas dengan seluruh sektor didunia pendidikan terus dibangun sehingga muaranya nanti akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas di Kabupaten Jeneponto sehingga akan meningkatkan indeks IPM masyarakat,” tutup Hamsiah.

Turut hadir dalam rapat tersubut Hj Halaimah Kinang SPd SE MPd selaku Korwil wilayah Bangkala dan seluruh kepala sekolah se-Kecamatan Bangkala.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Jeneponto

Bupati Tegur Sekwan DPRD Jeneponto Karena Hal Ini

Terkini.id,Jeneponto - Bupati Kabupaten Jeneponto, Iksan Iskandar mengkritik beberapa rangkaian pelaksanaan rapat paripurna DPRD Jeneponto pengesahan 16 Ranperda tahun 2019.Kritikan Bupati Jeneponto itu ditujukan