Haris Yasin Limpo Kampanye Stop Menggunakan Plastik

Terkini.id, Makassar – Kegiatan yang memeriahkan ulang tahun ke 95 tahun PDAM Kota Makassar masih berlanjut.

PDAM Kota Makassar kembali melaksanakan kegiatan dalam rangkaian ulang tahun, yakni sosialisasi dengan tema “Water Education”. Mengunjungi beberapa sekolah di Kota Makassar.

Rombongan Tim Water Education yang dipimpin langsung Direktur Utama PDAM Kota Makassar, Haris Yasin Limpo mengunjungi SMA Negeri 1 atau SMANSA Makassar, Rabu 4 September 2019.

Haris membuka sambutannya dengan bercerita tentang masa lalunya sewaktu sebagai Alumni SMANSA tahun 85. Seangkatan dengan Penjabat Wali Kota Makassar saat ini.

Banyak kenangan indah dan pahit selama bersekolah. Haris menyebut nama kepala sekolah dan guru pada waktu itu, bahkan masih menghafal nomor induk siswanya yang membuat seluruh siswa bertepuk tangan riuh.

Haris juga menghimbau untuk menjaga kelestarian sumber air, menghemat pemakaian air karena saat ini lagi musim kemarau.

“Janganlah kita terlalu banyak memakai air bersih yang tidak sesuai peruntukannya. Seperti menyiram halaman, rumput, dan mencuci kendaraan. Karena kondisi air baku sekarang lagi minim, akibat pengaruh kemarau,” katanya.

Kampanye mengurangi penggunaan plastik

Haris juga mengkampanyekan memgurangi penggunaan plastik. Sebab Indonesia tercatat sebagai penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia.

Termasuk menghindari membuang sampah plastik ke saluran air baku PDAM. Karena zat mikro yang terdapat dalam plastik sangat merusak kesehatan.

“Sehingga mungkin saja penyakit berbahaya dapat menimpa kita,” lanjutnya.

Haris mengajak seluruh guru dan siswa untuk mengurangi penggunaan plastik terkhusus air kemasan. Kalau bisa semua kita harus kompak untuk tidak lagi menggunakan yang berbahan plastik mulai saat ini.

Sebagai wujud kepedulian, Haris membagikan100 buah botol air. SMANSA diharapkan menjadi pendorong bagi sekolah lain mengkampanyekan anti plastik.

Kepala SMA Negeri 1 Makassar Arifin Tamma mengatakan, sangat bangga dan senang karena telah dipilih menjadi sekolah yang dikunjungi oleh PDAM Makassar. Terlebih lagi Direktur Utama PDAM merupakan alumni yang bisa dijadikan teladan dan motivasi bagi seluruh siswa.

“Untuk lebih giat belajar,”

Berita Terkait
Komentar
Terkini