Heboh China Airlines Garap Penerbangan Jakarta ke Makassar, Ini Alasannya

China Airlines terbangi Makassar

Terkini.id, Jakarta – Jadwal penerbangan dari Jakarta ke Makassar oleh China Airlines membuat heboh di media sosial dan grup chat whatsapp.

Maskapai asal China dengan kode CI97898 tersebut terjadwal akan terbang dari Jakarta ke Makassar pada Juni 2019 dengan jadwal pukul 17.45 WIB.

Setelah dicek, pesawat China Airlines tersebut tidak terbang dari Jakarta ke Makassar.

Yang ada adalah penerbangan Jakarta ke Makassar yang dioperasikan oleh Maskapai Garuda Indonesia, tetapi dengan skema code sharing (berbagi kode) dengan China Airlines.

Tentang Code Sharing

Dilansir dari suara.com, Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan tak menampik bahwa Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan tersebut.

Dia menjelaskan, selama ini memang Garuda Indonesia bekerja sama dengan China Airlines terkait berbagi kode penerbangan (code share).

“Istilahnya code share, jadi itu kerja sama Garuda Indonesia dengan China Airlines kayak code share biasa antara dua maskapai bahwa antar maskapai biasa melakukan code share,” ujar Ikhsan, Kamis 14 Juni 2019.

“Jadi kalau maskapai yang tidak terbang ke suatu daerah, namun dia ada penumpang ke daerah itu, biasanya kerja sama dengan maskapai yang punya penerbangan ke daerah tersebut,” jelas dia.

Dalam hal ini, tutur Ikhsan, Garuda Indonesia akan menagihkan biaya tiket dari penumpang yang ikut dalam penerbangan tersebut.

“Kita menagihkan biaya tiketnya, jadi ada penumpang dari Taipei mau ke Makassar, dia beli tiket di Taipei di China Airlines ya sudah dia terbang dengan China Airlines. Nah dari Jakarta-Makassar China Airlinesnya menitipkan penumpangnya ke Garuda,” ucap dia.

Berita Terkait