Masuk

Heboh Rumor Xi Jinping Dikudeta Militer China dan Ditahan di Rumah Tahanan, Rocky Gerung: Persaingan Para Jenderal

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Presiden China Xi Jinping dalam sejumlah laporan telah dikudeta tentara dan saat ini berada di tahanan rumah.

Bahkan Beijing, Ibu kota China disebutkan telah berada dibawah kendali militer. Namun berita tersebut belum dikonfirmasi oleh media terpercaya dari China.

Pengamat Politik Rocky Gerung turut menganalisis. Menurut Rocky walaupun rumor tersebut masih diragukan, tapi bisa saja peristiwa itu benar terjadi dan ditutupi.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Anies Baswedan Akan Dihambat Dengan Isu Bukan Indonesia Asli

“Saya analis, lagi bikin riset. Jadi ketegangan di China itu terlihat sekali ditutup-tutupi.” Ujar Rocky Gerung di Channel YouTube-nya, Minggu 25 September 2022.

Kemudian, Rocky Gerung mengibaratkan dengan tembok yang dari luar terlihat tetap sama, tapi di dalamnya sangat parah.

“Dinding mudah keropos, jendela yang betul-betul jendela bekas. Kita hanya bisa mengintip kecil disitu ” ungkap Rocky Gerung.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut DPP PPP Gigit Jari Setelah PPP Yogyakarta Sambut Deklarasi Anies

“Jadi kalau kita bikin analisis tentang China, potensi kelas menengah untuk memperoleh kebebasan besar sekali.” Ucap Rocky Gerung.

Kata Rocky Gerung, akibat dari pertumbuhan yang menurun dan krisis yang lama terjadi di China. Maka terjadinya kudeta adalah hal yang wajar, tidak bisa ditutupi lagi.

“Inflasi yang naik dan banyak lagi indikatornya dan itu mungkin ada ketegangan di kalang PKC. Ya biasa aja, di China kalau terjadi kudeta, hal yang biasa itu.” Kata Rocky Gerung.

“Di negara otoriter hal yang sama berlaku. Mungkin dalam sehari dua hari nggak ketahuan apa yang terjadi di belakang persaingan jenderal-jenderal itu.” Ungkap Rocky Gerung.

Baca Juga: Jokowi Ingin Jadi Pemerhati Lingkungan, Rocky Gerung: Artinya Akan Batalkan IKN

Rocky Gerung menduga apabila rumor itu tidak benar. Itu artinya terdapat masalah dalam pemerintahan China.

“Kenapa (pemerintah) China meluruskan duluan atau China memang lagi memancing aja tuh. Buat seolah-olah ada kudeta.” Tutup Rocky Gerung.

Sebelum muncul rumor orang nomor satu di China ini dikudeta, heboh pemberitaan di jagat maya kalau Xi Jinping telah dicopot dari posisi Kepala Tentara Pembebasan China (PLA).