Masuk

Xi Jinping Semakin Memperkuat Kekuatan Saat Kongres Partai Ditutup

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Partai Komunis China menyelesaikan kongres dua kali dalam satu dekade pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022 menyetujui amandemen memperkuat cengkeraman besi Xi Jinping pada partai dan mengungkapkan Komite Sentral baru kehilangan dua pejabat kunci yang tidak memiliki hubungan dekat dengan pemimpin.

Dilansir dari Reuters, Kongres menetapkan Xi Jinping (69), untuk masa kepemimpinan lima tahun ketiga yang akan memperkuat posisinya sebagai penguasa paling kuat di China sejak Mao Zedong, pemimpin pendiri Republik Rakyat.

Komite Sentral baru partai yang beranggotakan 205 orang, dipilih oleh delegasi partai pada akhir pertemuan selama seminggu, tidak termasuk mantan Perdana Menteri Li Keqiang atau mantan bos partai Guangdong Wang Yang, yang dipandang sebagai calon pengganti sebagai perdana menteri.

Baca Juga: KTT G20 Tahun 2022 di Bali Merupakan Salah satu Momen Bersejarah

Analis mengatakan kelalaian mereka adalah tanda bahwa tujuh anggota Komite Tetap Politbiro yang kuat, yang akan diumumkan pada hari Minggu, kemungkinan akan ditumpuk dengan orang-orang yang dekat dengan Xi Jinping.