IB Bulukumba Galang Donasi untuk Korban Banjir Lebak-Banten

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Relawan Indonesia Bangkit melakukan penggalangan donasi untuk korban bencana banjir Lebak-Banten, Minggu, 12 Januari 2020. [Sumber : IB Bulukumba].

Terkini.id,Bulukumba – Posko kemanusiaan, The Humanitarian Center Indonesia Bangkit (IB) Cabang Bukukumba yang berfokus pada kerja-kerja kemanusian seperti aktivitas tanggap bencana alam melakukan kerja pelayanan dengan aksi penggalangan donasi untuk korban bencana banjir dan longsor yang terjadi saat ini di pulau jawa, utamanya yang terjadi di Lebak-Banten. Minggu (12/01/2020).

Seperti yang diketahui, pergantian tahun 2019 ke tahun 2020 juga dibuka dengan bencana banjir yang terjadi di sejumlah provinsi yang ada di pulau Jawa. Di Provinsi DKI Jakarta, banjir terjadi pada 63 titik yang tersebar di 38 kecamatan, 158 kelurahan dengan pengungsi berjumlah 31.232 orang.

Pengungsi paling besar berasal dari daerah Jakarta Timur (13.516 orang) dan Jakarta Barat (10.586 orang). Ketinggian air banjir di provinsi Jakarta berkisar 10 hingga 140 Cm.

Banjir yang terjadi di DKI Jakarta berdampak pada lumpuhnya akses layanan transportasi mulai dari kereta api, transjakarta, penutupan jalan tol, hingga gangguan penerbangan pesawat. Selain itu juga terjadi pemadaman listrik yang terjadi di sejumlah wilayah. Banjir juga terjadi di beberapa provinsi di sekitar DKI Jakarta.

Menarik untuk Anda:

Di Provinsi Banten menurut BPBD Banten terjadi banjir di 5 kabupaten, yaitu kabupaten Lebak, kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Banjir terjadi di 33 kecamatan, 69 kelurahan atau desa yang ada di Provinsi Banten.

Total jumlah warga terdampak banjir di Banten adalah 3.173 orang dan 2.154 KK, bahkan terdapat 2 orang yang dinyatakan hilang hingga saat ini.

Banjir di Provinsi Banten mengakibatkan banyaknya jembatan putus, tanah longsor dan 1.747 rumah mengalami kerusakan. Banjir terparah di Provinsi Banten terjadi di Kabupaten Lebak dan Kota Tangerang.

Sementara di Provinsi Jawa Barat, banjir tersebar di kabupaten Bandung, Kerawang, Bekasi, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bogor. Ketinggian banjir yang terjadi di daerah terdampak di Provinsi Jawa Barat mencapai hingga 2,5 meter.

Banjir ini mengakibatkan lumpuhnya aktivitas pelayanan pemerintah daerah, longsor serta banyaknya sawah yang terendam banjir.

Banjir yang terjadi sejumlah wilayah ini mengakibatkan 26 orang meninggal dunia.

Kondisi pasca bencana ini yang kemudian mendorong pegiat posko Indonesia Bangkit (IB) mengajak seluruh elemen untuk dapat bersama-sama membantu korban Banjir dan longsor yang terjadi diberbagai daerah.

Adapun kebutuhan utama bagi korban banjir yang saat ini adalah obat-obatan, pakaian, makanan, selimut, dan perlengkapan bayi.

Selain itu, IB juga menggalang bantuan dalam bentuk uang dan dapat dikirimkan melalui Bank Mandiri pada nomor rekening 1280005482168 atas nama Widianto Satria N.

Dari hasil penggalangan donasi oleh IB Bulukumba yang dilakukan di dua lokasi, terkumpul dana sebesar Rp. 425.000 dan Rp 1.030.000. Hasil penggalangan dana ini akan segera di kirim ke IB Pusat yang berkeduduka di Jakarta untuk disalurkan langsung ke korban bencana banjir.

IB Bulukumba juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Bulukumba yang telah memberikan bantuan donasi untuk korban bencana banjir.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Selama 22 Tahun di MotoGP Inilah Jatuh Bangun Perjalanan Karier Valentino Rossi

Rapat Virtual Satgas Penegakan Hukum LHK, Dirjen Gakkum: Lakukan Penegakan Hukum yang Berkualitas dan Berkeadilan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar