Ikuti Pelatihan Active Citizen, Ini yang Kalian Dapatkan

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Training of Active Citizen Makassar 2019
Power Snap Menghubungkan isu global dan isu lokal di Pelatihan Warga Aktif Makassar 2019

Terkini.id, Makassar – Setiap orang biasanya memiliki ide untuk dilakukan namun kadang sulit menemukan tempat untuk menyalurkan ide dan gagasan tersebut, bahkan ada yang merasa takut untuk mengungkapkan ide hanya karena takut salah dan takut ditertawai. Oleh karenanya, Training of Citizen sebagai Active Citizen hadir sebagai salah satu wadah sekaligus tempat belajar yang menawarkan pengembangan diri dan terbuka terhadap semua ide-ide yang ingin dilakukan.

Kegiatan Active Citizen ini memfasilitasi para warga aktif yang ingin aktif maupun yang telah melakukan kegiatan positif di lingkungan mereka. Baru-baru ini, tanggal 5 – 8 Desember 2019 British Council dan Yayasan 1000 Guru Sulsel bekerja sama mengadakan Training of Citizen di Rumata Art Space yang berlokasi di Jalan Bontonompo No.12A, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.

Pada kesempatan tersebut, para fasilitator memfasilitasi 24 warga aktif yang berasal dari beberapa wilayah di Sulawesi Selatan. Mereka dibekali dengan berbagai ilmu dan aktifitas yang mampu menggerakkan dan mengeluarkan segala gagasan yang mereka pikirkan yang dibagi menjadi empat modul yakni sesi Mengenali Diri, Saya dan Kamu, Kita Bersama, dan Merancang Rencana atau Aksi Sosial.

Hal menarik dari kegiatan ini adalah metode penyampaiannya yang mengajak peserta lebih banyak saling bertukar pemikiran lewat menggambar, melakukan presentasi, berdialog, bergerak, menganalisis sebuah gambar, bekerja sama, melakukan pemetaan, mendengarkan dengan tiga level (dengan pikiran, perasaan, dan tujuan), dan melakukan sesi peran mewakili orang-orang yang ada di masyarakat. Hal ini sangat menggambarkan visi Active Citizen sebagai program pelatihan kepemimpinan sosial yang mempromosikan dialog antar budaya dan pembangunan sosial yang diinisiasi oleh masyarakat.

“Saya tidak pernah menyangka bisa mengikuti pelatihan ini dan harus ke Makassar meninggalkan keluarga saya. Apalagi saya sempat mendapat kabar dari kampung kalau anak saya pingsan. Tapi saya mencoba menenangkan diri dan terus mengikuti pelatihan ini. Saya sangat bersyukur karena dulu kami adalah orang yang tidak bisa menulis dan akhirnya 1000 Guru datang dan mengajarkan kami untuk membaca dan menulis dan mengajak kami ke pelatihan ini,” ucap Beti, salah seorang peserta dari dusun Bahonlangi yang jarak tempuhnya sekira empat jam dari kota Makassar menggunakan kendaraan bermotor.

Dalam sesi Market Place, mereka berkesempatan memperkenalkan apa yang mereka lakukan di organisasi ataupun wilayah masing-masing. Dari Bahonlangi memperkenalkan produk mereka yakni madu yang diambil langsung dari pohon-pohon yang ada di wilayah mereka. Produk ini sudah terjual 240 liter dari Januari hingga Desember 2019 dengan estimasi penjualan 20 liter per bulan.

Waode Surya Darma, salah seorang fasilitator Active Citizen, berharap dengan mengikuti program ini para peserta bisa menambah jejaring dengan peserta lainnya dan memberikan dampak bagi masyarakat. Selain itu, Ia juga berharap dengan hadirnya dua orang representasi KKN Unhas di Atambua, yang berbagi tentang hal yang telah mereka terapkan setelah mendapatkan pelatihan Active Citizen, diharapkan mampu memberikan tambahan energi dalam melaksanakan aksi sosial dalam komunitas di mana pun peserta berada.

“Seperti yang disampaikan oleh Barak Obama, perubahan terjadi karena orang biasa–biasa berkolaborasi melakukan hal-hal yang luar biasa,” tambahnya.

Usai sesi terakhir yaitu penyampaian kesan, para fasilitator mengungkapkan bahwa mereka tambah semangat lagi untuk menebarkan dan membuat kegiatan Active Citizen #globallyconnectedlocallyengaged.

Semangat terus para fasilitator! Bagi kalian yang tertarik dan ingin mengikuti pelatihan ini, nantikan info terupdate tentang pelatihan Active Citizen berikutnya.

Komentar

Rekomendasi

Simpul Pena, Resmi Dilantik Ini Pesan Ketua Agupena

Puluhan Warga Binaan Rutan dan Lapas Bulukumba Mengikuti Kegiatan Dirosa

Gerakan Intelektual Muda Indonesia Timur (GIMIT) Menggelar Diskusi Publik

Pembangunan Persemaian Modern Mendukung Wisata Labuan Bajo

Mempertegas Hanya Satu Kepengurusan Sah, KNPI Maros Gelar Rapat Pleno

Meninggal Saat Berlayar, Jasad Pelaut Asal Enrekang Dilarungkan di Laut

Lanjutkan Program 1000 Lapak Berkah, YBM PLN dan IZI Sulsel Lakukan Ini

Harga Ayam Naik Berdasarkan Data Pemerintah, Peternak Justru Keluhkan Harga yang Anjlok

Pendiri Sekaligus Dewan Pembina MER-C, Joserizal Jurnalis Meninggal Dunia

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar