Inovasi Brownis dan Pisang Browcyl, Merawat Bahan Baku Lokal

Terkini.id, Makassar — Perkembangan industri kuliner saat ini terus melejit dan semakin inovatif. Terbukti dengan munculnya berbagai olahan makanan atau jajanan yang dihasilkan dari kreatifitas serta inovasi dalam menciptakan produk tersebut.

Salah satunya adalah Browcyl “Brownis Pisang”. Inovasi kue brownis dan pisang (unti) dengan variasi rasa yang beragam menjadikan Browcyl sebagai produk jajanan (oleh-oleh) yang dilirik dan diminati banyak orang.

Varian rasa Brownis Pisang, Browcyl.

Berawal dari modal yang kurang dari Rp 2 juta, Browcyl dirintis oleh Rahmat Al Muarrif (Iping) pada sekitar tahun 2012 silam.

Baca Juga: Tempe Diajukan Sebagai Warisan Kuliner Budaya di UNESCO, Sandiaga: Kita...

Dana yang Ia gunakan tersebut pun merupakan beasiswa pendidikan yang Ia terima saat duduk di bangku perkuliahan.

Disampaikan oleh Muh. Juraiz (Supervisor Marketing Browcyl) saat ditemui, bahwa yang membuat Browcyl bertahan yaitu dari segi ciri khas dan inovasi rasa, branding, strategi marketing yang dilakukan secara online dan offline, serta pelayanan dan promo yang diberikan kepada customer.

Salah satu strategi branding dari Browcyl. Sumber: @browcyl_mks.

Baca Juga: Cari Kuliner Halal di Singapura Gak Sulit Kok! Perhatikan Logo...

Banyak rintangan yang pastinya dirasakan saat memulai suatu usaha, tidak serta merta kesuksesan tersebut dapat diraih secara instan.

Begitupun yang dialami dalam membangun dan mempertahankan Browcyl hingga saat ini. Berawal dari modal yang terbatas hingga pengalaman diusir oleh satpam saat berjualan di emperan ruko.

Semua hal tersebut dilalui dengan pantang menyerah hingga Browcyl kini memiliki outlet dimana-mana dengan penjualan hampir sekitar 1000 box per hari (secara offline dan online).

Brownis Pisang Browcyl Mencapai Penjualan 1000 box per hari.

Baca Juga: Cari Kuliner Halal di Singapura Gak Sulit Kok! Perhatikan Logo...

Browcyl pun memakmurkan UKM lokal dengan menitipkan produk di toko-tokonya dan menggunakan bahan baku lokal Sulawesi, yang juga menjadi tujuan serta keunggulan dari Browcyl.

Browcyl Mendukung Produk lokal UMKM. Sumber @browcyl_mks

Di akhir tahun ini, Makassar Most Favourite Culinary Award 2019 memberikan penghargaan kepada Browcyl Makassar sebagai salah satu pemenang kategori “Kue Oleh-oleh Makassar” tervaforit.

“Browcyl sangat bangga dan berterima kasih kepada Makassar Terkini atas kepercayaannya. Survey ini pastinya sangat membantu kami. Apalagi dinobatkan sebagai Makassar Most Favorite Culiner,” ungkap Muh. Juraiz.

Makassar Most Favourite Culinary Award 2019 berlangsung pada 5 Desember 2019, di hotel MYKO. Dihadiri oleh para pengusaha kuliner se-kota Makassar, serta tamu undangan yang diundang oleh Makassar Terkini.

Bagikan