Jelang Pilwalkot Makassar, Kesbangpol Perkuat Keamanan dan Kenyamanan

Sosialisasi keamanan dan kenyamanan lingkungan bagi tokoh masyarakat dan aparat kantor kecamatan angkatan 1 tahun 2019.

 Terkini.id,Makassar – Sekertaris Badan Kesbangpol M Iskandar Lewa mengatakan, saat ini, kondisi setelah Pilpres menyisakan sedikit banyaknya hal yang mengganjal dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu, sebentar lagi Kota Makassar akan memasuki tahapan pemilihan wali kota.

Hal itu ia sampaikan di sela-sela sosialisasi keamanan dan kenyamanan lingkungan bagi tokoh masyarakat dan aparat kantor kecamatan angkatan 1 tahun 2019.

“Sehingga kami dari Kesbangpol menganggap penting setiap saat memberikan harapan dan juga pentingnya keamanan kepada masyarakat,” kata dia saat ditemui di Hotel Prima, Senin, 22 Juli 2019.

Implikasi dari demokrasi atau pesta politik, menurut dia, memunculkan beberapa perbedaan, antara lain, perbedaan pilihan, pigur, dan pandangan visi misi calon.

“Sedikit banyaknya akan menjadi penyebab munculnya gesekan di masyarakat. Sehingga perlu kita tahu, soal keamanan, bukan hanya tugas TNI dan Polri, tetapi merupakan tanggung jawab seluruh stakeholder dan juga tanggung jawab masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.

Kehadiran pemerintah dalam suatu wilayah, kata Iskandar, memberikan edukasi kepada tokoh-tokoh masyarakat, baik ketua RT, lurah, dan  camat. Dia menilai mereka merupakan garda terdepan di masyarakat yang betul-betul menyentuh masyarakat.

“Besar harapan pemerintah kota untuk melakukan sinkronisasi program khususnya menjaga kondisi keamanan dalam rangka pelaksanaan pemerintahan pembangunan kemasyarakatan,” ujarnya.

Menyoal kenyamanan lingkungan, dia mengacu luas wilayah sebagai indikator. Berkaitan dengan kebersihan, keamanan, dan interaksi masyarakat yang menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan kota.

“Meski kenyamanan bersifat relatif, mungkin saja saya menganggap bahwa itu sudah baik bagi saya, tapi orang lain belum tentu, namun berbicara kenyamanan itu pemerintah sangat mengharapkan tentang itu,” tutupnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini