Masuk

100 Warga Makassar Terdampak Kebakaran di Jalan Landak, Kesbangpol Beri Bantuan Makan Sahur

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id, Makassar – Kebakaran di Jalan Badak, Kelurahan Bonto Biraeng, Kecamatan Mamajang, Makassar, melahap 10 rumah warga, 1 warkop, 1 rumah makan, dan 1 wisma.

Warga yang terdampak sebanyak 25 KK, dengan total 100 warga.

Api diduga bermula dari warkop lalu menjalar ke rumah makan lantas menyebrang ke wisma, setelah itu merambah ke rumah warga.

Baca Juga: Usung Konsep Kekinian, Khanza Maryam Hadirkan Bernuansa Khas Makassar

Informasi kebakaran diterima Petugas Pemadam Kebakaran Kota Makassar sekitar pukul 14.57 Wita. Saat ini api sudah berhasil dipadamkan pukul 16:10 Wita.

Marwati, Lurah Bonto Biraeng, Kecamatan Mamajang Kota Makassar mengatakan, saat ini, warga yang terdampak kebakaran membutuhkan pakaian, makanan dan perlengkapan sahur.

“Saat ini warga membutuhkan pakaian dan makanan, saat kebakaran warga tidak sempat menyelamatkan barang-barangnya,” kata Marwati.

Baca Juga: Pasca diguyur Hujan Seharian, Inilah Sejumlah Titik yang Terendam Banjir di Makassar

Marwati mengatakan saat ini korban telah diamankan dikelurahan. 

Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah menyiapkan tenda darurat untuk korban kebakaran. 

Selain itu, BPBD membawa makanan instan, seperti Indomie dan air mineral, serta beras.

“Ada 8 dos Indomie yang diberikan kepada yang kena musibah. Segala yang instan-instan langsung kami bawa,” kata Plt BPBD Kota Makassar Manai Sopian. 

Baca Juga: Remaja Wanita Terjatuh dari Lantai 18 Hotel di Makassar

Sementara, Plt Dinas Sosial Kota Makassar Asvira Anwar mengatakan saat ini pihaknya fokus melakukan pendataan terhadap korban terdampak. Di lokasi pun belum ditemukan ada dapur umum. 

“Besok baru kita buatkan dapur umum,” kata Asvira.

Berdasarkan pantauan di lokasi di Jalan Landak, korban kebakaran saat ini tengah membutuhkan makanan, khususnya untuk persiapan makan sahur.

Melihat itu, Plt Kepala Kesbangpol Makasssar Akhmad Namsum menyebut pemerintah kota harus hadir pada setiap kesulitan warga di Makassar.

Usai kebakaran berhasil dipadamkan, Namsum mengatakan masih ada sejumlah persoalan yang mesti segera ditangani. 

Ia mengatakan usai shalat Tarawih, langsung turun memantau di lokasi kebakaran. Menurutnya, saat ini warga sangat membutuhkan makan sahur. 

“Saya tanggung makan sahur untuk malam ini,” kata Akhmad.

Salah satu warga yang terdampak kebakaran, Sitti mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut. Ia menyebut uluran tangan sekecil apa pun akan sangat membantu.

“Kami sangat membutuhkan bantuan saat ini, setelah kebakaran kami tidak tahu harus melakukan apa,” ungkapnya.