Jokowi: Stok 19 Juta Dosis Vaksin Corona di Daerah Segera Dihabiskan

Terkini.id, Jakarta – Jokowi: stok 19 juta dosis vaksin corona di daerah segera dihabiskan. Percepatan vaksinasi nasional dalam program sejuta vaksin dalam sehari, terus didorong Presiden Joko Widodo (Jokowi), termasuk memerintahkan stok 19 juta dosis vaksin virus corona di daerah segera dihabiskan. Pasalnnya, Indonesia bakal kembali kedatangan stok vaksin baru.

Arahan Jokowi terkait vaksinasi itu disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam pernyataan persnya di Jakarta, Jumat 16 Juli 2021. Budi awalnya memaparkan, ada 75 juta dosis vaksin yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

“Alhamdulillah, sampai pagi ini sudah disuntikkan 56 juta dosis untuk 40 juta orang yang suntik pertama sisanya suntik kedua. Jadi 75 juta itu tinggal sisa di stoknya ada 19 juta dosis,” terang Menkes Budi.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Sulsel Mulai Melandai dan Dibawah Standar WHO,...

Budi menambahkan, Indonesia akan kembali kedatangan bahan baku vaksin Covid-19. Oleh karena itu, imbuhnya, Jokowi memerintahkan stok vaksin yang ada segera dihabiskan.

“Kita sudah mendapat kedatangan bahan baku yang cukup, dan Insya Allah di akhir Agustus (2021) akan ada tambahan sekitar lebih dari 30 juta dosis kembali. Arahan Bapak Presiden untuk vaksinasi ini agar dipercepat dan beliau memahami stok itu ditahan di daerah-daerah sebagai cadangan suntik kedua sebesar 19 juta dan beliau meminta agar segera dihabiskan saja karena nanti akan ada dosis vaksin baru yang datang,” katanya.

Baca Juga: Jokowi Akan Lakukan Reshuffle Kabinet Besok? Ini Kata Jubir Presiden

Budi juga menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua boleh tidak sama persis dengan tanggal yang sudah ditentukan.

“Dan juga suntik kedua itu tidak harus harinya persis hari itu, selisih satu atau dua hari pun tidak apa-apa,” jelasnya.

Bagikan