Jual Beli Jabatan, Bupati Probolinggo dan Suami Ditangkap KPK

Terkini.id – Probolinggo, Senin 30 Agustus 2021, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminudin ditangkap KPK atas dugaan kasus korupsi jual beli jabatan.

Hasan Aminudin merupakan anggota DPR RI Fraksi NasDem sedangkan istrinya Puput menjabat sebagai Bupati Probolinggo, Jawa Timur.

KPK menangkap Hasan dan Puput atas dugaan tindak pidana korupsi terkait jual beli jabatan pemerintah di Kabupaten Probolinggo, menurut informasi yang didapatkan, setiap calon kepala desa diduga dimintai uang senilai 20 juta jika ingin menjabat sebagai Kades.

Baca Juga: Breaking News: KPK OTT Bupati Probolinggo Beserta Suaminya

Melalui OTT ini, KPK menyita uang senilai 300 juta rupiah sebagai barang bukti. Selain Hasan dan Puput, terdapat lima orang camat dan tiga orang ASN lainnya yang diamankan KPK.

Diketahui sebelumnya, Hasan merupakan mantan Bupati probolinggo selama dua periode, setelah masa jabatannya habis, ia digantikan oleh istrinya Puput.

Baca Juga: Bentuk Pansus, DPRD Usut Kasus Juli Beli Foto Hingga Jabatan...

Hal ini mengundang beragam komentar muncul, banyak yang mengatakan bahwa pasangan suami istri ini sengaja membentuk dinasti politik.

Terkait dugaan kasus dan penangkapannya ini, Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G. Plate angkat bicara, menurutnya ia turut prihatin jika ternyata kadernya terbukti melakukan korupsi. Selain itu ia mengatakan bahwa Parta NasDem memiliki SOP yang mengharuskan setiap kader yang terjerat kasus hukum untuk mengundurkan diri.

“Internal NasDem ada SOP ketika kader terkena tindakan hukum terkait korupsi biasanya mereka mengundurkan diri sebagai fungsionaris penugasan partai maupun keanggotaan parta”

Baca Juga: Bentuk Pansus, DPRD Usut Kasus Juli Beli Foto Hingga Jabatan...

Hasan Aminudin dan Istri saat ini telah dibawa ke Jakarta, untuk diperiksa di Gedung Merah Putih KPK. Juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan bahwa timnya akan melakukan pemerikasaan lanjutan.

“Senin sekitar pukul 17.05 WIB, Tim KPK dan pihak-pihak yang diamankan tiba di Gedung Merah Putih KPK, berikutnya tim KPK akan segera melakukan pemeriksaan lanjutan” ujar Ali.

Bagikan