Masuk

Kabar Ukraina Bantah Zelensky Titip Pesan ke Jokowi untuk Putin, dr. Tifa: Malu Gw Sumpah

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Peneliti Epidemiologi Prediktif yang juga Aktivis Sosial dan pegiat media sosial dr Tifauzia Tyassuma atau biasa dikenal dr Tifa menanggapi berita disalah satu media yang memberitakan Ukraina membantah Presiden Zelensky titip pesan ke Presiden Jokowi untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dokter Tifa pun menanggapi berita tersebut dan menuliskan bahwa ia merasa malu. Ia menuliskan Presiden gw (aku) dibelejeti kebohongannya sm jubirnya Zelensky.

Hal tersebut ia sampaikan di akun media sosial Twitternya @DokterTifa sebagaimana terlihat pada hari Minggu, 3 Juli 2022.

Baca Juga: Asrama Mahasiswa Nusantara Mulai Dibangun di Makassar

Dokter Tifa juga memposting link berita dari media CNBC Indonesia dengan judul berita ‘Ukraina Bantah Zelensky Titip Pesan ke Jokowi untuk Putin’

“Malu gw sumpah.
Presiden gw dibelejeti kebohongannya sm Jubirnya Zelensky.” tulis Dokter Tifa.

“Kata jubir Ukraine kurang lebihnya: 
“Presiden kami kl mau bicara sm Putin bakal bicara sendiri scr terbuka, tdk harus lewat siapa2” 
OMG.” sambung Dokter Tifa.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Jokowi Himbau Jangan Ada Gesekan Sosial dan Adu Domba Politik

Dilansir dari CNBC Indonesia dengan judul berita ‘Ukraina Bantah Zelensky Titip Pesan ke Jokowi untuk Putin’ link berita yang diposting Dokter Tifa

Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi mengungkapkan dirinya menyampaikan pesan dari Presiden Volodymir Zelensky untuk Presiden Rusia Vladimir Putin. Namun, Kantor Presiden Ukraina menyatakan Zelenskyy hanya akan menyampaikan pesan kepada Putin secara terbuka.

Hal tersebut disampaikan oleh Serhii Nikiforov, sekretaris pers untuk Kantor Presiden Ukraina.

“Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden [Indonesia dan Ukraina] di Kiev,” ujarnya seperti dikutip dari Ukrainska Pravda, Minggu (3/7/2022).

Baca Juga: Daniel Mananta Sebut Ada Jin Kafir di Patung Salib, Effendi: Apa Itu Kafir?

Rusia, menurut Nikiforov, memikul tanggung jawab penuh untuk gangguan ekspor gandum Ukraina ke Indonesia, serta ke bagian lain dunia. Rusia akan bertanggung jawab atas krisis pangan yang bisa terjadi kecuali pelabuhan Ukraina segera diblokir.

Inilah yang dibahas secara detail oleh Zelensky dengan Presiden Jokowi. Terkait soal pesan Zelenskyy ke Putin, ia menyatakan “Pesan apapun, jika Presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya.”

Sebelumnya, setelah pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 30 Juni, Jokowi mengaku telah menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Zelensky kepada Putin.

Pada tanggal 29 Juni, Presiden Indonesia tiba di Ukraina. Jokowi mengunjungi kota Irpin, yang hancur oleh pasukan pendudukan Rusia.

Jokowi mengatakan bahwa dia memiliki pesan untuk Zelensky dan menyatakan dia segera bertemu dengan Presiden Rusia.

Jokowi secara pribadi mengundang Zelensky untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada bulan November. Sebagai tanggapan, Zelenskyy mengatakan bahwa apakah keputusannya untuk ambil bagian tergantung kepada situasi keamanan di Ukraina dan negara-negara apa saja yang diundang.