Masuk

Kalau Denny Siregar Bisa Baca Kitab Kuning, Haris: Saya Rela Berjalan Kaki Dari Rumah Sampai Monas

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama menantang pegiat media sosial Denny Siregar untuk membaca kitab kuning. Haris menuliskan apabila Denny Siregar bisa baca kitab kuning, ia rela berjalan kaki dari rumahnya sampai ke monas.

Hal ini ia sampaikan di akun media sosial Twitternya @knpiharis pada hari Selasa, 3 Mei 2022. Ia juga me-mention akun Twitter dari Denny Siregar.

“Kalau @Dennysiregar7 bisa baca kitab kuning, saya rela berjalan kaki dari rumah sampai MONAS,” tulis Haris Pertama.

Baca Juga: Denny Siregar Anggap Indonesia Bisa Ambyar Jika Anies Baswedan Jadi Pemimpin Negara

Sebelumnya di hari Senin, 2 Mei 2022 lewat akun Twitternya, Haris Pertama menyindir Denny Siregar yang selalu membahas agama. Haris pun mempertanyakan apakah memang Denny Siregar ini ahli agama. Haris pun tak lupa me-mention akun Twitter dari Denny Siregar.

“Itu @Dennysiregar7 kenapa selalu membahasa tentang persoalan agama, memang @Dennysiregar7 ahli agama ??? Coba saya tantang Bro @Dennysiregar7 baca kitab kuning, bisa ga ?,” tulis Haris Pertama.

Dilansir dari wikipedia, Kitab kuning, dalam pendidikan agama Islam, merujuk kepada kitab-kitab tradisional yang berisi pelajaran-pelajaran agama Islam (diraasah al-islamiyyah) yang diajarkan pada pondok-pondok Pesantren, mulai dari fiqh, aqidah, akhlaq, tata bahasa arab (`ilmu nahwudan `ilmu sharf), hadits, tafsir, ilmu Al-Qur’an, hingga pada ilmu sosial dan kemasyarakatan (mu`amalah). 

Baca Juga: Heboh, Pernyataan Jokowi Seputar Pemimpin Rambut Putih, Denny Siregar: Bukan Ganjar, Bapak Rambutnya Hitam

Dikenal juga dengan kitab gundul karena memang tidak memiliki harakat (fathah, kasrah, dhammah, sukun, dan sebagainya). Oleh sebab itu, untuk bisa membaca kitab kuning diperlukan kemahiran dalam tata bahasa Arab (nahwu dan sharf).