Kapten Gumilang Harumkan Indonesia di Kejuaraan Dunia Triathlon

Terkini.id, Makassar – Kapten Andi Gumilang (32 tahun), prajurit Kodam XIV Hasanuddin kembali mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan internasional.

Andi Gumilang mengharumkan nama Indonesia pada kejuaran tingkat Asia tahun 2019 di Singapura. Menjadi juara pertama pada pertandingan Triathlon.

Gumilang menjadi yang tercepat pada saat renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu.

Kompetisi kecepatan waktu dimana peserta harus dapat membagi tenaga dalam setiap tahapnya. “Yang terakhir ini saya ikut Asian Series di Singapore saya juara trifighter, renang, sepeda, dan lari,” kata Andi Gumilang, Senin 3 Juni 2019.

Gumilang menjadi yang tercepat dari 7 negara lain yang ikut ajang tersebut dan menaklukkan rintangan dengan berenang 1.000 Meter serta lari sejauh 10 Kilometer.

“Saya renang sejauh seribu meter dan lari 10 kilometer dan kembali berenang renang 500 meter. Tentu tidak mudah bagi saya. Tapi latihan dan berdoa,” jelasnya.

Pria kelahiran Ujung Pandang, 12 Agustus 1987 ini sering menjadi wakil TNI AD dalam sejumlah ajang lomba. Ia bahkan ikut terlibat dalam Asian Games 2018 lalu dan menjadi urutan ke 9 yang tercepat dari sejumlah negara yang ikut terlibat.

“Alhmadullilah selalu mendapat kepercayaan,” paparnya.

Anak bungsu dari tiga bersaudara ini kembali akan mewakili TNI pada Olimpiade Militer di Cina. Serta Sea Games di Philipina tahun ini. Tentu dirinya harus terus latihan dan mempersiapkan dirinya agar kembali mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional.

“Triathlon juga. Kalau sekarang pimpinan memperhatikan personil. Jadi yang punya prestasi, diberikan keluasan latihan. Tapi kita tetap dinas dan dituntut latihan,” tegasnya.

Gumilang memulai karirnya menjadi anggota TNI sejak 2010. Ia ditempatkan pertama kali di Kodam XIV Hasanuddin dan bertugas sebagai Komandan Batalyon. Kini ia dipercaya sebagai Kepala Urusan Bidang Ketangkasan di Bidang Jasmani Kodam XIV Hasanuddin.

Berita Terkait