Makassar Terkini
Masuk

Soal Kasus KM 50, Andi Sinulingga Sebut Kedudukan Saksi Jauh Lebih Kuat Daripada Benny Mamoto

Terkini.id, Jakarta – Kasus KM 50 belakangan ini kembali ramai diperbincangkan publik. Banyak pihak yang turut bersuara terkait tewasnya 6 laskar FPI.

Terkait hal ini, salah satu tokoh yang ikut bersuara yakni Aktivis Kolaborasi Warga Jakarta, Andi Sinulingga menyampaikan jika kedudukan saksi pada saat itu lebih kuat daripada pernyataan Benny Mamoto.

Menurut Andi Sinulingga, saksi yang mendengar dua kali tembakan itu kesaksiannya dapat dipercaya karena berada di TKP, sementara menurutnya, Benny Mamoto hanya memberikan pernyataan tetapi sama sekali tidak berada di TKP saat penembakan 6 laskar FPI.

Narasi Andi Sinulingga terkait penembakan 6 laskar FPI ini ditulis melalui cuitannya di media sosial Twitter yang dilihat pada, Selasa 16 Agustus 2022.

“Kedudukan saksi yang mendengar 2 kali tembakan itu jauh lebih kuat posisinya ketimbang @BennyMamoto yang sama sekali tak ada di TKP”, kata Andi Sinulingga.

Selain itu, Andi Sinulingga juga mengkritik pernyataan Benny Mamoto yang beredar di medias sosial melalui sebuah video.

Aktivis ini lantas menyebut saat itu Benny Mamoto nampak bertugas sebagai juru bicara (Jubir) daripada menjalankan tugasnya sebagai pengawas kepolisian, begitupun dalam kasus Sambo.

“Rekaman ini terlihat jelas pak Benny memfungsikan dirinya sebagai jubir ketimbang tugasnya sebagai pengawas kepolisian, begitu juga dalam kasus Sambo”, ujarnya.

Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan wawancara Benny Mamoto dan Kompas Tv, dia menyatakan saksi yang berada di TKP saat itu tidak fokus hanya mendengarkan tembakan.

“Seorang saksi yang ada di TKP atau sekitar TKP kan tidak fokus hanya ingin mendengarkan tembakan dan dia tidak tau kalau ada tembakan sehingga mungkin yang sempat dia dengardua tetapi sesungguhnya yang terjadi lebih dari itu”, kata Benny Mamoto.

Sebagai informasi, kasus penembakan laskar FPI di KM 50 terjadi pada Senin 7 Desember 2020 tepatnya pukul 00.30 WIB di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ditemukan tanggapan dari Benny Mamoto terkait pernyataan Andi Sinulingga.