Kegiatan Pengabdian Masyarakat Polbangtan Gowa sasar 14 kelompok tani di Kabupaten Maros dan Takalar

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Polbangtan Gowa.

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa. Melalui Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (UPPM) menggerakkan mahasiswa Tingkat III semester V Jurusan Penyuluhan Pertanian dan Peternakan untuk melakukan penyuluhan di Kabupaten Takalar dan Kabupaten Maros. Minggu (13/10/2019).

Sebanyak kurang lebih 98 mahasiswa disebar pada dua kabupaten ini dari 14 kelompok tani yang ada di Kabupaten Maros dan Takalar guna mengikuti kegiatan penyuluhan. Kegiatan ini juga dilakukan terpisah selama sehari dan menempatkan 7 sampai 8 mahasiswa ditiap kelompok tani beserta dosen pendamping.

Kegiatan penyuluhan difokuskan pada beberapa materi yaitu sanitasi kandang, silase jerami padi, bokashi dedak padi fermentasi, pestisida nabati, pengolahan jagung dan ubi kayu, agribisnis tanaman kacang panjang serta materi pemeliharaan ternak besar dan penanggulangan penyakit cacing saluran pencernaan pada sapi bali. Materi ini berdasarkan hasil identifikasi tim UPPM pada kelompok tani yang menjadi sasaran mahasiswa pada kegiatan penyuluhan.

Ir. Hermaya Rukka, M.Si didampingi Kaharuddin, SP., MP menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Takalar khususnya pemerintah Kelurahan Panrannuangku Kec. Polongbangkeng Utara yang telah menerima kehadiran mahasiswa Polbangtan Gowa untuk belajar bersama petani pada Kelompok Tani Bunga Tonjong II dan berharap kegiatan ini terus berlanjut kedepannya dengan penerapan inovasi teknologi pertanian yang baru.

Ketua UPPM Polbangtan Gowa Drs. Aminuddin, M.Si menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini selain bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Polbangtan Gowa, dalam bentuk desa mitra, kegiatan ini juga melatih mahasiswa kita untuk lebih terampil dan berpengalaman dalam hal penyuluhan. Bertemu dengan petani, memahami segala permasalahan dan menjadi solusi adalah hal yang kami harapkan dari mahasiswa Polbangtan Gowa”, pungkasnya. (MUZ).

Berita Terkait