Tingkatkan kompetensi SDM, Polbangtan Gowa ikutkan tenaga teknis pada pelatihan dan sertifikasi aplikasi Sistem Informasi Geografis

Polbangtan Gowa utus 2 tenaga PLP pada Pelatihan dan Sertifikasi Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG).

Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) bekerjasama dengan MSC in IT for NRM – SEAMEO BIOTROP IPB University dan Lembaga Sertifikasi Tenaga Profesional Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (LSTP MAPIN) melaksanakan magang bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan bidang Geospasial.

Kegiatan magang ini sebagai bukti Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Pusdiktan dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi pada Politeknik yang dikelolanya. Kementan saat ini mengelola enam Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan satu Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI).

Kualitas penyelenggaraan pendidikan salah satunya terkait dengan kinerja dari tenaga pendidik seperti dosen pengajar. Dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas dan memiliki daya saing internasional melalui pendidikan tinggi vokasi, Kementan dalam hal ini Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) melalui Pusat Pendidikan Pertanian terus berupaya meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan.

Olehnya itu, terbentuklah Program Revitalisasi Pendidikan Tinggi yaitu Magang Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Dalam pelatihan dan sertifikasi aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk mendukung pertanian presisi.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Dr.Idha Widi Arsanti, SP, MP dalam sambutannya pada acara pembukaan tersebut mengatakan bahwa program ini sangat tepat dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dimana mulai tahun 2018 akan lebih menekankan pada pembangunan SDM Pertanian.

“Salah satunya adalah lewat pendidikan tinggi vokasi dari Kementan yaitu Polbangtan. Karena dari Polbangtan ini kami akan meluluskan lulusan yang siap kerja dan kemudian proses pembelajarannya lebih kepada praktek yaitu 70%,” kata Idha di Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology (SEAMEO Biotrop), Bogor, pada hari Selasa (1/10/19)

Sebanyak 12 peserta dari enam Polbangtan dan dua peserta dari SMK PP mengikuti pelatihan tersebut. Untuk Polbangtan Gowa sendiri pada magang ini mengutus dua tenaga PLP atas nama Ahmadi Ramli, S. ST dan Hairul, S.ST yang diselenggarakan selama sembilan hari dimulai tanggal 30 September sampai 8 Oktober 2019. Pelatihan ini menekankan pada pemahaman dan praktek/mencoba langsung untuk meningkatkan softskill dan hardskill dari peserta dalam mengelola dan memanfaatkan data spasial. (MUZ).

Komentar

Rekomendasi

Cara Mahasiswa Pertanian Unila Tingkatkan Minat Baca Dalam Kampus dan Sekitarnya

Di Kendari, Direktur Polbangtan Gowa sosialisasikan KOSTRATANI sebagai pusat kegiatan pembangunan pertanian

Cari asisten kebun yang unggul dan tangguh, BPI lakukan sosialisasi dan rekrutmen mahasiswa di Polbangtan Gowa

Salah Satu Alumnus Terbaiknya Meninggal Dunia, Universitas Sawerigading Makassar Berduka

Dukung pertanian wilayah perbatasan, Polbangtan Gowa kembali akan mengirimkan mahasiswa pendamping

Telkom MDV gelar talkshow “The Future Agriculture 4.0, Transforming Agriculture Through Innovations”, hadirkan mahasiswa Polbangtan Gowa sebagai speaker

Dr. Syaifuddin: makin banyak karya ilmiah yang dihasilkan, maka makin tinggi juga kompetensi diri dan berdampak pada reputasi institusi

Lewat Inaugurasi, Fakultas Kedokteran Unhas Lantik Anggota Baru KEMA FK UH

Mapala STIK Tamalatea Makassar Hadirkan Pakar Ulas Masalah Kesehatan Lingkungan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar