Kelas Inkubasi PLUT Sulsel Bahas Cara Audit Pasar

Kelas Inkubasi PLUT Sulsel Bahas Cara Audit Pasar

Terkini.id,MakassarPusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Sulawesi Selatan kembali menggelar kelas inkubator bisnis, Rabu 20 November 2019 di Gedung PLUT Sulsel, Jalan Metro Tanjung Bunga.

Kelas inkubasi yang diikuti puluhan UMKM kali ini digelar dalam bentuk coaching yang difasilitasi konsultan Pemasaran PLUT Sulsel, Salman Sahmad, dengan topik terkait audit market.

Konsultan pemasaran PLUT Sulsel, Salman sahad mengatakan, audit market atau pemasaran ini sangat penting untuk peningkatan skala usaha UMKM. Melalui audit market, pelaku UMKM bisa melakukani evaluasi terkait  strategi pemasaran yang telah ditempuh salama ini.

“audit market berkaitan bagaimana melakukan pengujian komprehensif, sistematis, independen terhadap lingkungan pemasaran baik itu dari segi tujuan, strategi, dan aktifitas bisnis untuk menentukan peluang dan permasalahan yang terjadi serta rekomendasi tindak lanjut,” urainya.

Beberapa pertanyaan pokok yang harus dijawab antara lain jumlah varian produk di pasar, benmarck kompetitor, siapa pemain besarnya,berapa share holder pemain besarnya, total konsumen potensial, STP produk, apa saja produk subtitusinya, core value produk, apa chamsnya, faktor faktor di mana produk berkompetisi, dan lainnya.

Menarik untuk Anda:

Koordinator Konsultan PLUT Sulsel, Bahrul Ulum Ilham menyebutkan, program inkubasi adalah proses pembinaan bagi UMKM untuk peningkatan kapasitas dan skala usaha dalam jangka waktu tertentu. “inkubasi wujud peran nyata PLUT dalam membina pelaku UMKM sehingga menjadi wirausaha yang tangguh atau memiliki bisnis yang berdaya saing,” sambungnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Demi Beli HP untuk Belajar Online, Siswa Yatim Ini Ingin Jual Ayam Kesayangannya

4 Saksi Penting Kasus Djoko Tjandra Diserahkan ke Polisi, Salah Satunya Aparat

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar