Kondisi Ekonomi Konsumen Meningkat, ITK Meraih Peringkat Dua

BPS

Terkini.id, Makassar – Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Sulawesi Selatan (Sulsel) pada triwulan II-2019 meningkat dengan nilai sebesar 133,37.

Tercatat pada triwulan I-2019 nilai ITK Sulsel sebesar 100,69. Artinya kondisi ekonomi konsumen di Sulsel berjalan dengan baik, dan mengalami peningkatan, bahkan melebihi nilai ITK nasional yakni sebesar 125,68.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Yos Rusdiansyah, mengatakan Kondisi konsumen yang lebih baik ini diikuti dengan tingkat optimisme konsumen yang juga lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya.

“Meningkatnya optimisme konsumen , ini tercermin dari tiga faktor pembentuk ITK yaitu pendapatan rumahtangga, volume konsumsi barang/jasa dan inflasi. ini juga menunjukkan masyarakat Sulsel optimis dari triwulan sebelumnya dalam memandang kestabilan perekonomian,” jelasnya, Senin, 5 Agustus 2019.

Nilai ITK menunjukkan derajat optimisme kestabilan ekonomi yang ditunjukkan oleh perilaku konsumen dalam menyimpan dan membelanjakan pendapatan rumah tangganya.

“Dimana jika kepercayaan konsumen meningkat, maka mengindikasikan keadaan ekonomi yang baik, dan konsumen lebih banyak membelanjakan uangnya untuk konsumsi. Sebaliknya jika konsumen pesimis maka mereka akan mengurangi pengeluaran rumah tangga dan meninjau ulang keadaan finansialnya,” jelasnya.

Pada Triwulan ini, komponen pengaruh inflasi terhadap konsumsi sebesar 121,18, rata-rata tingkat inflasi harga selama triwulan II di level 1,08 persen. Indeks volume konsumsi sebesar 128,31, artinya konsumen masih optimis dengan nilai optimisme yang jauh lebih baik dibanding triwulan sebelumnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini