Makassar Terkini
Masuk

Kronologi Tewasnya Mahasiswi UPN Jakarta saat Mengikuti Kegiatan Menwa

Terkini.id, Jakarta –  Fauziyah Nabilah atau Lala merupakan mahasiswi D3 Fisioterapi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) dinyatakan meninggal dunia saat mengikuti kegiatan pembaretan yang dilaksanakan oleh Resimen Mahasiswa (Menwa).

Peristiwa ini terjadi pada 25 September 2021 lalu. Yang mana kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB.

Upacara menjadi kegiatan pertama yang dilakukan oleh mahasiswa. Kemudian dilanjut dengan longmarch sejauh 10-15 meter. Selama kegiatan tersebut, Lala berdiri dibarisan paling belakang.

Serangkaian kegiatan yang diikuti Lala membuatnya kelelahan pada pukul 12.00 WIB. Saat Lala berjalan dari pos 1 ke pos 2, kakinya sempat kram. Namun, Lala terus mengikuti rangkaian acara yang tersisa, hingga ia memilih masjid menjadi tempat untuk beristirahat.

Bukannya membaik, Lala dianggap kesurupan oleh panitia kegiatan pembaretan Menwa. Pihak keluarga menyatakan Lala

Dia lalu beristirahat di masjid. Sesampainya di sana, Lala sempat dianggap kesurupan oleh panitia pembaretan Menwa. Menurut pihak keluarga, Lala juga sempat istirahat di mobil ambulans.

Kondisi Lala yang semakin drop membuat panitia melarikannya ke RSUD Ciawi. Namun, Lala sudah dinyatakan meninggal dunia sebelum sampai di rumah sakit.

Pihak keluarga juga menolak untuk melakukan autopsi pada jenazah Lala. Selain karena tidak tega, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil autopsi cukup lama.

Sehingga cara yang dilakukan oleh pihak keluarga yakni menelusuri apakah terdapat tanda  kekerasan atau penganiayaan pada jenazah Lala atau tidak.

Dikarenakan tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan atau penganiayaan serta pihak keluarga menolak untuk melakukan autopsi. Maka penyebab kematian dari mahasiswi UPN Jakarta itu masih simpang siur hingga saat ini.

Peristiwa ini membuat aliansi mahasiswa UPNVJ mendesak agar Menwa dibubarkan karena tidak bertanggung jawab dengan kegiatannya sehingga menimbulkan korban jiwa.

Dalam siaran pers yang dilakukan oleh aliansi mahasiswa UPNVJ, pihaknya menyatakan bahwa pemberian izin UKM Menwa UPN Veteran Jakarta untuk melakukan kegiatan secara offline turut menjadi tanda tanya karena beberapa Ormawa tingkat Universitas lainnya tidak mengantongi izin melaksanakan kegiatan offline dengan alasan karena pandemi.

“Juga dengan adanya beberapa Ormawa tingkat Universitas yang tidak diizinkan untuk mengajukan program kerja secara offline dengan berdalil karena alasan pandemi sedangkan untuk UKM Menwa UPN Veteran Jakarta diberikan izin,”  tulisnya dikutip dari Asumsi.co, Rabu 1 Desember 2021.